Jus Buah Bit: Efektif Turunkan Darah Tinggi

30 March 2016

Sebuah studi baru membuktikan bahwa mengonsumsi segelas jus buah bit setiap hari bisa menjadi salah satu tips menurunkan tekanan darah tinggi yang efektif. Studi yang dilakukan oleh para peneliti Queen Mary, University of London, ini menemukan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit dapat membantu menurunkan hipertensi.

 

Nitrat adalah bahan kimia alami yang terdapat pada tanah. Buah dan sayur mengambil nitrat melalui akar. Buah dan sayur tertentu membutuhkan nitrat untuk proses pertumbuhan. Apabila mengonsumsi jus buah bit dan sayuran hijau lain, maka akan terjadi konversi yang menghasilkan oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat ini nantinya akan melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah lebih lancar. Lebih lanjut lagi, oksida nitrat juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Tips menurunkan tekanan darah tinggi  dengan jus buah bit ini berdasar pada penelitian yang melibatkan 15 pasien hipertensi. Seluruh pasien memiliki tekanan darah antara 140-59 mmHg. Kemudian, pasien meminum segelas jus buah bit (250 ml). Setelah 24 jam, tekanan darah mereka mengalami penurunan hingga 10 poin. Segelas jus buah bit tersebut mengandung 0,2 gram nitrat. Hanya dengan sedikit nitrat tekanan darah dapat berkurang hingga 10 poin. Sangat menakjubkan, bukan?

 

Anda dapat mencoba tips menurunkan tekanan darah tinggi ini dengan mengkonsumsi buah bit atau sayuran lain yang mengandung nitrat. Beberapa sayuran yang mengandung nitrat antara lain adalah kubis, selada, dan adas. Selamat mencoba!

 

 

Source:

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20121212/beetroot-juice-blood-pressure

medicalnewstoday.com/articles/259113.php

Diakses pada 29 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *