Jeruk, Si Manis yang Penuh Manfaat

26 February 2016

Ada banyak alasan untuk rutin mengonsumsi jeruk setiap hari. Buah yang kaya akan vitamin C ini merupakan satu dari sekian banyak makanan sehat untuk jantung. Di samping itu, jeruk adalah buah yang sangat mudah diperoleh di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu bersusah payah untuk memperoleh manfaat sehat dari buah berwarna jingga ini.

 

Bagaimana bisa jeruk disebut sebagai makanan sehat untuk jantung dan buah yang bermanfaat bagi kesehatan? Yuk, kenali kandungan nutrisi dan vitamin pada jeruk beserta manfaatnya berikut ini:

  • Vitamin C. Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Satu buah jeruk menyediakan hingga 130% kebutuhan vitamin C manusia dalam sehari. Kandungan vitamin C pada jeruk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Antioksidan. Hesperidin adalah nama antioksidan yang terdapat dalam jeruk. Antioksidan ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Inilah yang menjadi alasan jeruk disebut sebagai makanan sehat untuk jantung.
  • Kolin. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan struktur membran sel. Selain itu, kolin juga membantu proses penyerapan lemak berlebih.
  • Zeaxanthin dan Karotenoid. Jenis antioksidan ini terdapat dalam buah jeruk. Fungsinya untuk mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker prostat.

 

Selain vitamin dan nutrisi tersebut, jeruk juga diperkaya dengan vitamin A, vitamin B-6, thiamin, fosfor, magnesium, mangan, selenium dan sejumlah nutrisi baik lainnya. Jeruk dapat menjadi sumber serat yang baik untuk pasien penyakit jantung dan diabetes.

 

 

Source:

webmd.com/heart-disease/news/20090720/daily-glass-of-orange-juice-is-heart-smart

medicalnewstoday.com/articles/272782.php

Diakses pada 15 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *