Jauhi Risiko Stroke dengan Mengontrol Darah Tinggi

26 October 2015

Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), Anda harus segera mengambil langkah untuk menurunkan darah tinggi tersebut bila tak ingin terkena stroke. Tahukah Anda? American Heart Association menyatakan bahwa sebanyak 3 dari 4 orang penderita stroke memiliki riwayat hipertensi sebelumnya. Lantas, bagaimana hipertensi dapat meningkatkan risiko stroke? Simak penjelasan berikut!

 

Hipertensi merupakan kondisi dimana jantung memompa darah dengan sangat kencang, sehingga aliran darah di dalam tubuh mengalami tekanan yang cukup tinggi melawan dinding pembuluh darah. Apabila tekanan darah Anda tinggi dan terus dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan perlahan pada dinding pembuluh darah, termasuk pada bagian otak sehinga risiko stroke semakin tinggi.

 

Oleh karena itu, mengontrol tekanan darah sangatlah penting dilakukan untuk menjauhkan diri dari risiko stroke. Adapun gejala hipertensi pada tahap awal tidak dapat selalu diketahui. Untuk itu, periksalah tekanan darah Anda secara berkala. Berikut langkah yang dapat diambil untuk menjaga kesehatan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke :

1. Kurangi kebiasaan merokok

2. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur

3. Hindari obesitas dengan menjaga berat badan tetap ideal

4. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

5. Konsumsi makanan sehat dan kurangi makanan yang memicu tekanan darah tinggi

6. Cek tekanan darah secara berkala

7. Kontrol ke dokter untuk memperoleh penanganan secara medis

 

Berdasarkan National Stroke Association, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol meningkatkan risiko stroke 4-6x lebih besar. Oleh karena itu, mari kontrol tekanan darah Anda untuk mengurangi risiko penyakit stroke.

 

 

Source:

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/hypertension-high-blood-pressure-stroke

heart.org/HEARTORG/Conditions/More/MyHeartandStrokeNews/High-Blood-Pressure-Afib-and-Your-Risk-of-Stroke_UCM_443852_Article.jsp

heart.org/HEARTORG/Conditions/HighBloodPressure/WhyBloodPressureMatters/Stroke-and-High-Blood-Pressure_UCM_301824_Article.jsp

Diakses pada 31 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *