Jamur Shiitake: Si Lezat yang Rendah Lemak

27 January 2016

Selain mencari cara mengatasi kolesterol , pemilik kadar kolesterol yang tinggi juga wajib mencari makanan yang baik untuk dikonsumsi. Sebagai contoh, cobalah untuk mengonsumsi sup jamur shiitake. Jamur yang berwarna cokelat dengan bentuk “topi” di atasnya ini merupakan makanan rendah lemak yang baik dikonsumsi oleh pemilik kolesterol tinggi.

 

Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa jamur shiitake dapat memproteksi manusia dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, jamur shiitake makanan rendah lemak yang bergizi. Jamur shiitake diperkaya dengan vitamin B2,B3, B6, D, kolin, serat, mangan, folat, zinc, dan selenium. Bahkan, di dalam jamur ini terdapat kandungan anti-kanker.

 

Sebelum menyantap hidangan jamur shiitake, sebaiknya Anda memperhatikan tips-tips berikut ini mulai dari memilih jamur shiitake yang baik hingga mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan sehat:

 

Cara Memilih Jamur Shiitake yang Tepat

Jamur shiitake banyak dijual di supermarket yang menjual panganan impor. Pilihlah jamur shiitake yang segar, tidak layu, bersih dan gemuk. Hindari membeli jamur shiitake yang berbintik-bintik atau berlendir.

 

Cara Membersihkan Jamur Shiitake

Jamur shiitake memiliki banyak pori-pori. Oleh karena itu, agar tekstur jamur tidak berubah setelah dicuci dengan air, segera keringkan jamur dengan handuk kertas atau kain. Apabila jamur shiitake terlihat kotor, bersihkan dengan sikat khusus jamur yang banyak dijual di pasaran.

 

Cara Sehat Memasak Jamur Shiitake

Agar hidangan shiitake tetap menjadi makanan rendah lemak , masak jamur ini dengan kaldu ayam hingga menjadi sup miso. Apabila bosan dengan sup, Anda juga dapat menumis jamur shiitake dengan bawang menggunakan minyak jagung atau minyak canola.

 

Jadi, sudah siapkah Anda mengolah shiitake menjadi makanan sehat yang aman bagi pemilik kolesterol tinggi? Selamat mencoba!

 

 

Source:

webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-680-shiitake%20mushroom.aspx?activeingredientid=680&activeingredientname=shiitake%20mushroom

whfoods.com/genpage.php?dbid=122&tname=foodspice

Diakses pada 20 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *