Jaga Kesehatan Tulang dengan Aneka Makanan Ini

16 December 2015

Hal apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar kata “osteoporosis”?

 

Tahukah Anda? Ternyata, osteoporosis tidak hanya menyerang manula, lho. Kurangnya asupan kalsium, vitamin D, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tulang juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis di usia muda. So, mulai sekarang, jangan hanya membaca tips kesehatan  seputar lemak dan kalori saja, ya. Pola makan sehat juga harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang Anda.

 

Makanan apa sajakah yang ampuh untuk menjaga kesehatan tulang?

 

Makanan yang kaya kandungan protein

Asupan protein akan membantu pembentukan serat kolagen yang bermanfaat untuk tulang dan sendi. Biasakan diri Anda untuk mengonsumsi aneka makanan sumber protein yang rendah lemak seperti, daging ayam tanpa kulit, ikan, hidangan laut, serta sumber protein nabati seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan.

 

Makanan tinggi kalsium dan vitamin D

Makanan tinggi kalsium seperti susu, keju, brokoli, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau sangat penting bagi tulang. Selain itu, jangan lupa juga mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D untuk membantu memaksimalkan penyerapan kalsium bagi tulang dan gigi.

 

Aneka buah dan sayur

Kandungan vitamin dan mineral pada sayur dan buah dapat meminimalkan hilangnya kandungan kalsium pada tulang dan gigi. Tak hanya baik untuk metabolisme tubuh dan sistem pencernaan, aneka sayur dan buah juga penting untuk kesehatan tulang dan otot yang menyokongnya.

 

Ketiga jenis makanan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah setiap hari. Siapkan pola makan sehat  untuk menjaga kesehatan tulang Anda dari sekarang. Jangan lupa, imbangi juga konsumsi makanan bernutrisi dengan aktivitas fisik untuk mendukung kekuatan tulang Anda!

 

 

Sources:

webmd.com/osteoporosis/living-with-osteoporosis-7/diet-nutrition

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060

healthcommunities.com/osteoporosis/eating-for-strong-bones.shtml

Diakses pada : 5 Mei 2015 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *