Jaga Jantung Agar Tetap Sehat dengan Makanan Sehat

19 June 2015

Apa yang ada dalam benak Anda bila membicarakan penyakit paling mematikan di dunia? Apakah AIDS atau kanker? Bukan, penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia adalah penyakit jantung. Sebagian besar orang meninggal karena tidak mendapatkan penanganan intensif setelah terkena serangan jantung pertama kali. Umumnya, pasien yang meninggal karena serangan jantung tidak sempat mendapatkan perawatan medis dalam 1 jam setelah mengalami serangan tersebut.

 

Bila Anda berpikir bahwa mayoritas penderita penyakit jantung hanya jenis kelamin tertentu saja, itu salah. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa membedakan jenis kelamin. Deteksi penyakit ini sedini mungkin menjadi sangat penting, kenali gejala-gejala penyakit jantung berikut agar Anda dapat segera mendapat perawatan yang tepat:

1. Rasa nyeri yang seperti ditekan-tekan pada dada, hampir mirip seperti nyeri pada sakit maag.
2. Merasa tidak nyaman atau sakit pada lengan, leher, punggung, rahang bahkan perut bagian atas.
3. Kesulitan bernafas dan hanya mampu menarik nafas pendek-pendek.
4. Timbul keringat dingin disertai rasa mual dan muntah-muntah.
5. Mudah lelah dan letih, bawaan ingin terus tidur atau berbaring.

 

Mencegah lebih baik dibanding mengobati. Meskipun penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia, namun penyakit jantung dapat dicegah, lakukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ada beberapa makanan sehat untuk jantung yang bisa Anda konsumsi untuk menghindari penyakit berbahaya ini.

 

Berikut adalah berbagai makanan sehat untuk jantung serta apa saja yang harus dihindari untuk menghindari penyakit paling mematikan ini:

 

Makanan Sehat

1. Makanan yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon dan susu yang dilengkapi dengan omega 3. Omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Karena asam lemak alami yang terkandung dalam omega 3 dapat mencegah penyakit jantung koroner tersebut. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, hazelnut, pecan, Kacang mengandung lemak baik yang dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.
2. Cokelat mengandung senyawa aktif yang bersifat cardioprotective yang dapat menurunkan risiko hipertensi dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

 

Hal Yang Harus Dihindari

1. Makanan yang berlemak tinggi seperti jeroan, otak, daging bebek, gorengan, dll. Makanan tersebut akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan jantung.
2. Rokok dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

 

Sudah siapkah Anda untuk mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan menghindari hal-hal yang memang harus dihindari? Tentunya, selain mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur serta istirahat yang cukup. Kalau bukan Anda yang menjaga kesehatan jantung pribadi, lantas siapa lagi?

 

 

Sumber:
tropicanaslim.com/penyakit-jantung-kenali-gejalanya
tropicanaslim.com/kacang-untuk-jantung-sehat
tropicanaslim.com/coklat-dan-penyakit-kardiovaskular


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *