Inilah Makanan yang Dapat Mengontrol Gula Darah

23 April 2015

Siapapun tentu ingin hidup sehat dan memiliki kadar gula darah normal. Berbagai upaya pun mungkin telah dicoba untuk mencapai target tersebut. Tapi, apakah semua upaya tersebut berhasil?

 

Cara menurunkan gula darah dapat dimulai dengan mengontrol asupan gula melalui pemilihan makanan yang tepat. Jika asupan gula sudah terkontrol, mencapai target gula darah normal pun menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengontrol gula darah:

 

  • Oatmeal

Makanan sehat satu ini kaya akan serat larut. Oatmeal lebih lambat dicerna oleh tubuh. American Dietetic Association mengatakan bahwa oatmeal adalah sumber karbohidrat sehat yang sangat baik dan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

 

  • Brokoli, bayam, dan buncis

Jika Anda sedang menjalani diet diabetes, ketiga jenis pangan ini sangat baik untuk Anda. Ketiga jenis sayuran ini kaya akan serat dan rendah karbohidrat jenis pati.

 

  • Stroberi

Tak perlu ragu untuk menikmati buah yang cantik ini karena tak seperti jajanan manis yang tinggi gula, rasa manisnya tidak membuat gula darah meningkat secara drastis. Ngemil stroberi jauh lebih baik dibanding ngemil kue. Stroberi rendah kalori dan karbohidrat, tetapi kaya serat dan air.

 

  • Ikan salmon dan daging tanpa lemak

Protein tinggi tidak mempengaruhi gula darah layaknya karbohidrat. Konsumsilah ikan, ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak dalam porsi yang cukup. Ikan salmon mengandung omega 3, sedangkan daging merupakan sumber kromium yang membantu insulin untuk berfungsi dengan baik.

 

Tak perlu bingung mencari cara menurunkan gula darah dengan cepat. Cobalah untuk melakukan pola hidup sehat secara bertahap dan konsumsilah makanan yang dapat mengontrol gula darah Anda.

 

 

Source:

webmd.com/diabetes/features/diabetic-diet-6-foods-control-blood-sugar?page=2

webmd.com/healthy-aging/nutrition-world-3/diabetes-eat-control-blood-sugar

Diakses pada 27 August 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *