Ingin Turunkan Darah Tinggi? Tidurlah yang Cukup!

25 January 2016

Selain membatasi konsumsi garam, tidur cukup juga membantu menurunkan tekanan darah Anda menjadi normal. Hal ini karena kurang tidur berpotensi dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

 

Sebuah studi yang dilakukan di Cina menyatakan bahwa orang dengan insomnia kronis memiliki risiko hipertensi yang lebih tinggi. Penderita insomnia yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam memiliki risiko hipertensi 5 kali lebih besar dibandingkan orang yang tidur dengan durasi normal. Sedangkan orang yang tidur 6 jam setiap malam memiliki risiko hipertensi 3,5 kali lebih besar.

 

Tips menurunkan darah tinggi  berikut menyarankan Anda untuk tidur 7-8 jam setiap malam. Pada saat tidur, darah akan membantu tubuh mengatur hormon stres dan menjaga kesehatan sistem saraf. Kurang tidur dapat mengakibatkan tubuh tidak mampu mengatur hormon stres sehingga berdampak pada naiknya tekanan darah Anda. Di samping itu, kurang tidur juga dapat membuat tubuh Anda terasa lelah pada siang hari dan kurang fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Tidur dengan waktu 7-8 jam setiap malam merupakan tips menurunkan darah tinggi yang efektif. Apabila Anda memiliki masalah insomnia, cobalah untuk rajin berolahraga dan mengurangi konsumsi kafein sehari-hari. Jika masalah insomnia tak kunjung hilang, Anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter untuk mengatasi masalah tersebut.

 

 

Source:

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20090401/insomnia-raises-risk-of-high-blood-pressure

drugs.com/news/insomnia-linked-blood-pressure-study-55389.html

mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/expert-answers/sleep-deprivation/faq-20057959

Diakses pada 19 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *