Ingin Makanan Sehat yang Lezat? Yuk, Makan Sup!

27 October 2015

Sup merupakan salah satu menu makanan yang hampir dapat dijumpai di berbagai negara. Setiap negara memiliki jenis sup yang berbeda-beda. Namun, ada satu jenis sup yang cukup familiar, yakni sup ayam. Ya, siapa yang tak tahu sup ayam? Jenis sup yang satu ini sering dikonsumsi sebagian besar orang pada saat sakit atau pada saat menjalankan pola makan sehat.

 

Dalam semangkuk sup ayam terdapat potongan daging ayam dan beberapa jenis sayuran segar, seperti wortel, kol, dan jagung. Oleh karenanya, sup ayam dinilai sebagai salah satu jenis sup sehat untuk memenuhi pola makan sehat. Tak hanya itu, sup ayam juga kerap dikonsumsi saat sakit karena beberapa alasan berikut:

1. Beta-karoten yang terdapat pada wortel didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Studi telah memperlihatkan bahwa vitamin A memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh bahkan asupan vitamin A diketahui dapat membantu menurunkan gejala dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

2. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat sup ayam, seperti bawang putih mengandung senyawa allicin yang berkerja sebagai antibiotik alami.

3. Menghirup sup ayam hangat saat sedang sakit dapat membuat pernapasan menjadi lebih lega dan perasaan menjadi lebih baik.

 

Jadi, sup ayam tak hanya dapat menjadi makanan bernutrisi untuk memenuhi pola makan sehat  atau sekadar sajian hangat di musim hujan, tetapi juga dapat menjadi makanan sehat yang dapat membantu Anda mencapai kondisi yang lebih baik pada saat sakit.

 

 

Source:

sheilakealey.com/2015/01/14/beyond-taste-can-soups-help-keep-us-healthy/

everydayhealth.com/cold-and-flu/foods-that-fight-colds.aspx

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10604208

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/?term=1978+chicken+soup

Diakses pada 1 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *