Hipertensi dan Sakit Kepala

14 December 2015

Salah satu gejala hipertensi yang sering dirasakan oleh para penderitanya adalah rasa sakit kepala. Sakit kepala biasanya identik dengan tekanan darah yang tinggi. Menurut penelitian, orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya memang merasakan sakit kepala yang lebih berat atau lebih sering daripada orang-orang dengan tekanan darah yang normal.

 

Namun faktanya, rasa sakit kepala bukanlah gejala yang dapat memastikan bahwa Anda memiliki tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi akan membuat pembuluh darah Anda menjadi lebih kaku dan mempengaruhi kinerja ujung saraf. Kinerja ujung saraf yang menurun justru dapat membuat Anda kesulitan mengenali rasa sakit. Sehingga, secara langsung bisa dikatakan bahwa sakit kepala tidak selalu menjadi gejala hipertensi .

 

Kendati demikian, sakit kepala juga bisa menjadi gejala yang menunjukkan bahwa Anda mengalami malignant hypertension. Malignant hypertension adalah kondisi tekanan darah tinggi yang dialami secara tiba-tiba oleh seseorang. Hal ini tentu harus diwaspadai agar tidak menjadi cikal bakal penyakit darah tinggi di kemudian hari. Perlu diketahui bahwa siapa pun bisa mengidap malignant hypertension tanpa pandang umur.

 

Kesimpulannya, jangan tunggu sakit kepala untuk memeriksakan tekanan darah Anda. Jika Anda merasa bugar dan tidak pernah sakit kepala, bukan berarti Anda terbebas dari penyakit hipertensi, lho. Alangkah lebih baik jika Anda mau menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat dan melakukan cek kesehatan secara teratur. Karena hidup sehat dan bugar adalah hak setiap orang, termasuk Anda.

 

 

Sources:

migraine.com/headache-types/hypertension-headaches/

heart.org/HEARTORG/Conditions/HighBloodPressure/SymptomsDiagnosisMonitoringofHighBloodPressure/What-are-the-Symptoms-of-High-Blood-Pressure_UCM_301871_Article.jsp

mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/basics/symptoms/con-20019580

Diakses pada : 5 Mei 2015 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *