Gejala Hipertensi & Tips Menurunkannya

17 April 2015

Anda tentu sudah tak asing dengan istilah hipertensi. Ya, hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah melebihi batas normal (120/80 mmHg). Hipertensi seringkali tanpa gejala, namun ketika tekanan darah sudah terlalu tinggi, terkadang gejala hipertensi seperti sakit kepala, lelah, sakit di dada dapat dirasakan oleh penderitanya.

 

Cara menurunkan darah tinggi salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Garam tersusun atas mineral sodium dan klorida. Sodium dapat mengikat air dalam tubuh manusia. Konsumsi sodium yang tinggi akan meningkatkan volume darah yang kemudian akan mengakibatkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi garam merupakan salah satu cara menurunkan darah tinggi.

 

Karena gejala hipertensi seringkali tidak nampak, ada baiknya Anda melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin dan menerapkan gaya hidup sehat sebagai pencegahan. Penderita hipertensi juga dapat melakukan cara-cara berikut untuk menurunkan tekanan darahnya.

  • Pilih produk rendah sodium

Saat hendak membeli makanan dalam kemasan, sebaiknya baca dulu label yang tertera pada kemasannya. Pilihlah produk yang bertuliskan “low salt” atau “low sodium”.

 

1. Kurangi konsumsi makanan olahan

Daripada menyantap makanan olahan instan seperti nugget atau sosis, lebih baik Anda menikmati makanan segar seperti ayam, daging, dan ikan yang diolah sendiri.

2. Batasi penggunaan garam saat memasak

Siapa bilang makanan tanpa garam tidak nikmat? Jika Anda cermat menggunakan rempah-rempah yang, rasa masakan Anda akan tetap sedap walau tanpa garam. Anda juga bisa menggunakan saus atau kecap asin yang rendah garam.

3. Perbanyak makan sayur dan buah

Buah dan sayuran segar mengandung natrium yang rendah, namun kaya akan kalium yang baik untuk tekanan darah manusia.

 

Cara-cara mudah di atas bisa dilakukan oleh siapapun. Yang Anda perlukan hanyalah ketekunan dan kedisiplinan dalam upaya mencegah dan menurunkan hipertensi.

 

Source:

tropicanaslim.com/all-you-need-to-know-about-hypertension

tropicanaslim.com/menghindari-hipertensi-bagaimana-trik-mengurangi-konsumsi-garam

http://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/hypertension-symptoms-high-blood-pressure

Diakses pada 26 August 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *