Hindari Makanan-Makanan Berkolesterol Tinggi Ini

27 May 2015

Tahukah Anda bahwa salah satu cara mengatasi kolesterol  adalah dengan mengurangi konsumsi makanan kolesterol tinggi. Menu makanan yang mengandung kolesterol tinggi kerap kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, makanan kolesterol tinggi masih dianggap nikmat oleh sebagian besar orang. Rasanya yang nikmat membuat siapa pun akan tergoda untuk segera menyantapnya.

 

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi dalam darah dan ingin menurunkannya, sebaiknya hindari konsumsi makanan kolesterol tinggi dan batasi konsumsi kolesterol Anda tidak lebih dari 300 mg per hari. Berikut adalah contoh makanan yang berkontribusi sebagai penyumbang kolesterol yang cukup besar :

 

Cheeseburger
Siapa yang tidak kenal Cheeseburger. Makanan yang satu ini banyak dijual di restoran cepat saji di Indonesia. Menu makanan ini memang praktis untuk dikonsumsi pada saat makan siang. Namun, daging dan keju yang digunakan pada cheeseburger restoran cepat saji mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang terdapat pada cheeseburger restoran cepat saji ternama berkisar 80-160 mg.

Seafood
Beberapa makanan laut memang bernutrisi dan bergizi. Namun, ada pula beberapa makanan laut yang sarat akan kolesterol, contohnya cumi-cumi. Penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi sebaiknya tidak menyantap seafood yang satu ini karena setiap 100 gram atau 1 piring kecil cumi-cumi mengandung sekitar 233 mg kolesterol. Belum lagi butter yang digunakan untuk mengolah cumi-cumi tersebut. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi seafood yang diolah dengan cara direbus atau dipanggang tanpa mentega.

Hati
Meski mengandung zat besi, hati ayam dan sapi merupakan tempat tersimpannya kolesterol pada hewan. Pada 100 gram hati sapi goreng terdapat 381 mg kolesterol, yang artinya mengonsumsi 3 potong sedang hati sapi goreng sudah melebihi batas maksimal rekomendasi kolesterol per hari. Maka dari itu, hati termasuk makanan kolesterol tinggi.

Kuning telur
Kuning telur juga merupakan makanan yang berkolesterol tinggi. Pasalnya, pada 1 butir kuning telur terdapat 213 mg kolesterol. Sebaliknya, putih telur mengandung 0 kolesterol.

 

Cara mengatasi kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh yakni dengan mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi, gorengan dan mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dan kolesterol. Dan tentunya, tak lupa, Anda juga harus menjalankan olahraga secara teratur!

Source:
everydayhealth.com/high-cholesterol-pictures/ten-high-cholesterol-foods-to-avoid.aspx#11
webmd.com/cholesterol-management/foods-to-avoid-for-high-cholesterol
http://www.usda.gov/wps/portal/usda/usdahome?navtype=SU&navid=FOOD_NUTRITION

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *