Hidup Sehat ala Vegetarian

28 September 2015

Beberapa orang memutuskan untuk menjadi vegetarian karena berbagai alasan yang berbeda. Misalnya, untuk memelihara kelestarian lingkungan hewan atau menjaga kesehatan secara pribadi. Apapun alasannya, hidup sehat ala vegetarian tentu dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Apakah Anda berminat untuk menjadi vegetarian? Yuk, kenali lebih dekat tentang hidup sehat  ala vegetarian!

 

Vegetarian identik dengan “hanya mengonsumsi sayuran saja”. Padahal, tak semua jenis vegetarian menghindari makanan hewani. Berikut adalah beberapa jenis vegetarian yang perlu Anda ketahui:

1. Flexitarian dikenal juga sebagai semi-vegetarian. Sebagian besar dari mereka menghindari makanan hewani, tetapi sesekali mereka juga mengonsumsi daging atau ikan.

2. Pesci-vegetarian mengonsumsi susu, telur dan ikan. Namun, mereka tidak mengonsumsi daging dan unggas.

3. Lacto Vegetarian tidak mengonsumsi segala jenis daging dan telur. Akan tetapi, mereka tetap mengonsumsi susu.

4. Ovo Vegetarian tetap mengonsumsi telur, tetapi mereka tidak mengonsumsi daging.

5. Lacto-Ovo Vegetarian tidak mengonsumsi daging, namun mengkonsumsi telur maupun susu. Jenis inilah yang paling sering dipilih oleh para vegetarian.

6. Vegan tak hanya menghindari makanan hewani, seperti daging, telur, susu, ikan, keju dan madu saja. Beberapa dari mereka juga tidak menggunakan produk hewani, seperti barang dari kulit hewan, sutera, atau wol.

 

Hidup sehat ala vegetarian ini dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Gaya hidup ini akan lebih baik bila diikuti dengan aktivitas fisik dan menghidari rokok. Namun, para vegetarian juga tetap harus memperhatikan kelengkapan nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi. Tubuh manusia tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang dari kalori makanan , karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin.

 

 

Source:
youngwomenshealth.org/2013/12/05/vegetarian-diet/
kidshealth.org/teen/food_fitness/nutrition/vegetarian.html
Diakses pada 7 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *