Hidup Lebih Lama dan Sehat dengan Makanan Ini

19 February 2016

“Apa yang Anda makan dan minum akan menentukan kondisi kesehatan Anda kelak” Ungkapan tersebut memang benar adanya. Beberapa makanan dan minuman yang kurang sehat akan memicu timbulnya risiko berbagai macam penyakit. Namun, ada pula beberapa makanan yang dapat membuat Anda lebih sehat dan “konon” dapat membuat hidup lebih lama. Makanan apa sajakah itu?

 

Ketika Anda menjalankan pola hidup sehat, Anda akan disarankan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur. Beberapa jenis buah dan sayur dapat mengurangi risiko penyakit tertentu. Di samping itu, buah dan sayur biasanya rendah natrium dan kolesterol. Selain buah dan sayur, beberapa jenis makanan berikut juga dipercaya dapat memelihara kesehatan Anda:

 

1. Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, selada, dan sawi akan melengkapi pola makan sehat  Anda menjadi lebih sempurna. Pada umumnya, sayuran hijau mengandung banyak serat dan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh. Beberapa di antaranya mengandung antioksidan yang dapat mengurangi beberapa jenis kanker tertentu.

 

2. Teh

Dibandingkan minuman bersoda atau beralkohol, teh jauh lebih sehat. Bahkan, teh hijau diklaim dapat membersihkan tubuh dari sisa-sisa racun makanan yang dikonsumsi. Teh hijau juga mengandung polifenol yang baik untuk menangkal radikal bebas dan melancarkan metabolisme tubuh.

 

3. Oatmeal

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Selain itu, oatmeal juga dapat dinikmati dengan buah-buahan segar yang sehat.

 

4. Biji Rami (flaxseed)

Hampir sama seperti teh hijau, biji rami juga memiliki kandungan polifenol yang baik untuk mencegah risiko kanker. Kandungan serat yang tinggi pada biji rami dipercaya mampu membantu menurunkan kolesterol.

 

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kesehatan dan umur panjang juga dapat diraih dengan pola hidup sehat. Rutin berolahraga dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok adalah usaha untuk memulai pola hidup sehat  yang tepat.

 

 

Source:

webmd.com/diet/5-foods-to-boost-your-health?page=1

webmd.com/healthy-aging/features/healthy-food-for-living-longer

Diakses pada 9 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *