Herbal untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

22 July 2015

Tekanan darah tinggi dapat dialami siapa saja, baik muda maupun tua. Faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi bermacam-macam, seperti stres dan pola hidup yang kurang sehat. Apabila dibiarkan begitu saja, tekanan darah tinggi dapat berkontribusi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (seperti stroke dan penyakit jantung) serta gagal ginjal.

 

Ada banyak tips menurunkan tekanan darah tinggi: tidak hanya dengan menggunakan pengobatan medis saja namun beberapa bahan herbal alami juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah. Beberapa herbal yang umum digunakan sebagai bahan alami untuk membantu menurunkan tekanan darah antara lain: daun basil, seledri, bawang putih, dan kayu manis.

 

Sayangnya, bukti ilmiah mengenai efektivitas herbal alami ini sebagai tips menurunkan tekanan darah tinggi masihlah sangat terbatas. Memang, terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa herbal ini dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit darah tinggi, seperti ekstrak seledri dan bawang putih. Namun, dosis yang digunakan umumnya cukup tinggi (dalam bentuk ekstrak) dan efek jangka panjang dari konsumsi bahan-bahan ini pun masih belum dipelajari dengan baik.

 

Bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah, tips menurunkan tekanan darah tinggi yang lebih efektif dan aman jelas dengan menjalankan pola hidup sehat: kurangi asupan garam, rutin berolahraga, banyak mengonsumsi buah dan sayur, batasi konsumsi lemak, serta menjaga berat badan dalam batas normal.

 

Source:
healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/herbs-to-lower#Overview1
ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3210006/
mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure/art-20046974


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *