Persyaratan Pendaftaran Health Agent Award 2016

  • Peserta Health Agent terdiri dari TIGA orang Mahasiswa S1 Aktif (dari SEMUA jurusan & diperbolehkan berasal dari berbagai universitas berbeda)
  • Memiliki rancangan proyek dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian gaya hidup sehat di lingkungan Sekolah Dasar, terutama dalam hal peningkatan kesadaran bahaya konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih.
  • Mengisi form pendaftaran sebelum 31 Mei 2016. – Pendaftaran dilakukan dengan melakukan submit pada form yang telah disediakan!

Button-Form-Pendaftaran Sekarang

 

Dimohon membaca FAQ agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas seputar kompetisi ini.

Tanggal-Tanggal Penting

timeline smart eater-1

Button-About

Kebiasaan baik untuk anak-anak sudah seharusnya ditanamkan sejak dini, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang. Sebagian besar waktu dari anak dihabiskan di sekolah, hingga mencapai seperempat waktunya setiap hari, sehingga salah satu yang berkontribusi besar terhadap asupan nutrisi mereka adalah jajanan di sekolah. Bahkan, jajanan sekolah diketahui dapat berkontribusi hingga 10-30% asupan nutrisi harian.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, angka penderita Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti jantung, stroke, kanker, diabetes, kanker, dan lainnya, kian meningkat dan semakin menyasar kepada tingkat usia yang lebih muda. Salah satu faktor penyebabnya adalah terkait konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih.

Kandungan gula pada jajanan harus diperhatikan. Anak-anak sangat menyukai makanan yang manis, seperti permen, coklat, minuman ringan, sirup, dan kue. Gula adalah sumber kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, gula juga bisa menyebabkan kerusakan gigi (karies) pada anak-anak. Belum lagi, makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan umumnya tinggi kalori dan rendah kandungan nutrisinya1,2.

Tingginya kandungan garam pada berbagai makanan jajanan berkaitan dengan tingginya asupan garam pada anak-anak saat ini. Diketahui sebanyak 44.1% makanan jajanan memiliki kandungan natrium yang tinggi (≥2400 mg) dan rata-rata asupan natrium siswa dari makanan jajanan mencapai 3.6 gram/hari3, dimana batasan yang dianjurkan hanya mencapai 2000 mg/hari. Tidak hanya pada orang dewasa, asupan garam yang tinggi juga dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di anak-anak. Semakin tinggi tekanan darah pada masa kanak-kanak, semakin tinggi pula tekanan darah di usia dewasa. Tekanan darah tinggi sendiri merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Penyakit tekanan darah tinggi sudah banyak diketahui sebagai faktor risiko penting penyakit jantung, termasuk pada anak-anak. Anak-anak yang memiliki tekanan darah yang lebih tinggi memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar dan lebih berisiko menderita penyakit darah tinggi saat usia dewasa.

Kandungan lemak pada makanan juga penting diperhatikan. Sebuah penelitian di Bogor menunjukkan bahwa konsumsi lemak harian pada siswa sekolah dasar mencapai 54 gram/hari, 132% lebih tinggi dari tingkat kecukupan konsumsi lemak harian. Penelitian lain di Semarang menunjukkan bahwa proses penggorengan masih menjadi metode pemasakan utama yang banyak digunakan untuk mempersiapkan lauk sarapan dan bekal4. Padahal, makanan yang digoreng mengandung lebih banyak lemak.

Pengenalan dini akan bahaya konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih pada anak-anak diharapkan dapat menjadi awal mula untuk menurunkan risiko terkena penyakit tidak menular saat mereka dewasa nanti. Faktor lingkungan terdekat, seperti keluarga dan komunitas sekolah, diharapkan dapat menjadi sarana bagi anak-anak untuk mendapat pemahaman dan pembelajaran, termasuk dalam mencermati kandungan pangan jajanan yang dikonsumsinya sehari-hari.

Melalui Health Agent Award, Tropicana Slim, bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan, ingin menginspirasi, mengedukasi, dan memfasilitasi gaya hidup sehat bernutrisi kepada seluruh komponen komunitas Sekolah Dasar sehingga dapat mendukung pembelajaran hidup sehat sejak dini bagi siswa.

Di tahun ke-6 penyelenggaraan Health Agent Award, Nutrifood, melalui brand Tropicana Slim ingin kembali mengajak para mahasiswa, sebagai agen perubahan, untuk bersama-sama berkontribusi memberikan pemahaman mengenai pentingnya gaya hidup sehat sejak dini dan keamanan pangan kepada siswa, guru, pedagang kantin, hingga bahkan orang tua, di lingkungan Sekolah Dasar, melalui kreativitas proyek inspirasi gaya hidup sehat.

Untuk informasi dan update mengenai Health Agent Award 2016, silahkan follow twitter @TropicanaSlim atau lihat di Facebook Fanpage Tropicana Slim.

Poster Health Agent Award by Tropicana Slim

Referensi :

  1. Kids, Sugar and Healthy Eating. 2016. Dietitians of Canada.
  2. Iklan TV Merusak Pola Konsumsi Anak. 2012. YLKI Yogyakarta.
  3. Asupan Natrium dari Makanan Jajanan dan Tekanan Darah Siswa Sekolah Dasar: Studi di SD Negeri 06 Petompon. 2010. Universitas Diponegoro, Semarang.
  4. Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. 2009. Psikobuana, 1(1): 29-38.

 

 

Supported By:

New-YM-logo-black    new-studentjob

final-logo-KU-baru-1Logo-SeputarKampus

Logo_Full_Grey_Med2