Hati-Hati, Tekanan Darah Tinggi pada Si Kecil!

25 March 2016

Dewasa ini, gejala hipertensi tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, tetapi juga oleh anak-anak. Apabila si kecil mengalami tekanan darah tinggi, Anda harus segera mencari cara untuk menurunkan hipertensi tersebut. Untuk mengantisipasi tekanan darah tinggi pada anak, kenali terlebih dahulu penyebab dan gejala hipertensi pada anak-anak.

 

Hipertensi pada anak tidak datang dengan sendirinya. Ada beberapa penyebab hipertensi pada anak-anak, antara lain adalah:

Konsumsi garam yang tinggi

Anak-anak gemar menyantap makanan sedap dengan rasa asin. Selain itu, makanan ringan dan junk food yang digemari oleh anak-anak mengandung kandungan garam yang cukup tinggi.

 

Obesitas

Anak-anak juga bisa mengalami obesitas. Hal tersebut disebabkan oleh konsumsi makanan berlebih dan kurangnya aktivitas gerak. Obesitas tidak hanya berpotensi memicu tekanan darah tinggi, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes pada anak.

 

Agar orang tua lebih waspada terhadap masalah kesehatan anak, khususnya tekanan darah tinggi, berikut adalah beberapa ciri-ciri hipertensi pada anak-anak bisa Anda kenali:

- Sakit kepala
- Mudah lelah
- Mudah emosi dan lesu
- Gangguan pada pernapasan
- Penglihatan sedikit kabur

 

Jika si kecil mengalami gejala hipertensi  tersebut, Anda harus segera memeriksakan tekanan darahnya. Hipertensi pada anak tidak bisa dianggap sepele. Karena hipertensi yang dialami oleh si kecil juga dapat mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit lain, seperti penyakit jantung dan ginjal.

 

 

Source:

patient.info/doctor/hypertension-in-childhood

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/hypertension-in-children

Diakses pada 26 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *