Hati-hati, Diabetes itu Menurun

15 January 2010

Hati-hati, Diabetes itu MenurunApakah orang tua Anda menderita diabetes? Jika iya, berhati-hatilah karena penelitian menujukkan bahwa orang-orang yang memiliki sejarah keluarga dengan diabetes ternyata memiliki tingkat risiko terkena diabetes yang lebih tinggi. Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Diabetes ini menunjukkan bahwa mereka yang memiliki ibu penderita diabetes memiliki tingkat risiko terkena diabetes 3.4 kali lipat lebih tinggi, sedangkan mereka yang memiliki ayah penderita diabetes memiliki tingkat risiko terkena diabetes 3.5 kali lipat lebih tinggi. Dan apabila kedua orangtuanya menderita diabetes, mereka memiliki risiko terkena diabetes sebanyak 6.1 kali lipat lebih tinggi.

Jadi, berhati-hatilah jika orangtua Anda menderita diabetes.. Mulailah menjaga pola makan, gaya hidup sehat, dan berat badan Anda karena faktor-faktor ini juga mempengaruhi tingkat risiko diabetes.. Hasil penelitian yang tercantum pada International Journal of Obesity menunjukkan bahwa 38 % dari mereka yang memiliki sejarah keluarga diabetes dapat terhindar dari diabetes jika indeks massa tubuh (IMT) mereka tidak lebih dari 30 kg/m2 (IMT adalah rasio antara berat badan dan tinggi badan, dimana IMT ≥ 23 kg/m2 menunjukkan bahwa orang tersebut mengalami kelebihan berat badan).



Comments

  1. glow

    April 17, 2013, 9:06 pm

    penelitian yg dimaksud penelitian darimana? ada sumbernya? thanks

    1. admintropicana

      April 18, 2013, 11:44 am

      Hai Gloria,

      informasi selengkapnya kami kirim via email ya. Silahkan di check.

      Salam,
      Tropicana Slim

  2. I Wayan Bhaskara A.

    March 3, 2014, 2:15 pm

    Halo.

    Alm. kakek dan nenek saya tidak menderita diabetes. Ibu saya juga tidak, tapi alm. ayah saya menderita diabetes. Beliau memang saat pensiun menderita obesitas.

    Jika benar resiko saya diabetes lebih besar, seberapa mungkin? Karena saat saya lahir (1980), alm. ayah saya sehat dan tidak obesitas.

    Ayah saya diketahui diabetes pada tahun 1998 setelah beliau pensiun.

    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *