Hal yang Harus Diketahui Seputar Diet Rendah Garam

25 February 2016

Diet rendah garam adalah usaha untuk mengurangi konsumsi garam (sodium/natrium) dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mengontrol tekanan darah agar terhindar dari hipertensi. Akan tetapi, diet ini dirasa sulit mengingat garam adalah salah satu bumbu dapur yang selalu digunakan untuk menyedapkan makanan. Sebagian besar orang enggan melakukan diet ini dengan alasan masih ingin menikmati makanan dengan rasa lezat yang tidak hambar.

 

Orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau riwayat penyakit, seperti penyakit jantung dan ginjal, wajib melakukan diet rendah garam.

 

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda ketahui seputar tips menurunkan tekanan darah tinggi  melalui diet rendah natrium:

1. Konsumsi garam untuk semua orang memang sebaiknya dibatasi, yakni hanya 2,3 gram atau 2.300 miligram (1 sendok teh) garam per hari apalagi bagi yang sudah mengalami tekanan darah tinggi.

2. Diet ini membantu penderita penyakit ginjal agar tidak mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

3. Diet ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan risiko gagal jantung pada pasien penderita penyakit jantung.

4. Pelaku diet harus mengonsumsi makanan segar yang rendah natrium dan menghindari makanan olahan atau yang diawetkan yang biasanya lebih tinggi natriumnya/garamnya.

5. Membaca label informasi nilai gizi adalah kewajiban bagi pelaku diet rendah garam kala memilih makanan dalam kemasan. Label less sodium atau low salt/low sodium dapat menjadi alternatif.

 

Diet rendah garam  merupakan alternatif baikc untuk menurunkan tekanan darah. Jadi, di samping mengonsumsi obat-obatan penurun hipertensi, diet ini juga dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah secara alami.

 

 

Source:

uptodate.com/contents/low-sodium-diet-beyond-the-basics

drugs.com/cg/low-sodium-diet-aftercare-instructions.html

Diakses pada 14 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *