Gula Stevia, Gula Alami Nol Kalori dari Daun Stevia

1 March 2018

Stevia adalah nama popular dari bahan yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun tanaman Stevia rebaudiana ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh masyarakat di daerah Paraguay dan Brasil sejak masa lalu. Namun, penggunaan gula stevia baru mulai dikenal luas setelah ‘ditemukan’ dan diperkenalkan oleh ahli botani Antonio Bertoni pada tahun 18871,2.

Daun stevia mengandung senyawa-senyawa yang memiliki rasa sangat manis,seperti stevioside dan rebaudioside. Kemanisannya sangat tinggi, bahkan hingga mencapai 200-300 kali lipat gula pasir. Penggunaan gula stevia sebagai pemanis sudah banyak digunakan di berbagai negara termasuk Jepang, Korea, China, Asia Tenggara, Amerika Selatan. Penggunaan gula stevia ini pun bervariasi di berbagai macam produk mulai dari minuman, permen, acar sayuran, hingga produk makanan laut4.

 

Apa fungsi dan manfaat stevia?

  1. Tidak mengandung kalori dan tidak menaikkan gula darah

Sebagai pemanis, gula stevia memiliki tingkat kemanisan yang tinggi sehingga penggunaannya cukup sedikit untuk mendapatkan rasa manis yang diinginkan. Keunggulan lainnya, gula stevia tidak mengandung kalori dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah saat dikonsumsi1,3.

  1. Bermanfaat untuk penderita diabetes, obesitas,dan diet

Keunggulan-keunggulan ini menyebabkan gula stevia terutama bermanfaat untuk penderita diabetes, penderita obesitas, dan mereka yang sedang menjaga asupan kalori/ berdiet dan aman dikonsumsi oleh semua orang.

Ekstrak tanaman stevia juga diyakini bermanfaat untuk membantu pengaturan kadar gula darah. Bahkan, di Amerika Selatan, ekstrak tanaman ini sudah lama digunakan untuk penderita diabetes. Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun stevia dapat membantu menghambat kenaikan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes dan saat uji toleransi glukosa pada orang sehat2,3,5.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi

Penelitian lain menunjukkan manfaat senyawa stevioside yang diekstrak dari tanaman stevia dalam pengaturan tekanan darah. Diketahui bahwa konsumsi stevioside dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi6. Namun, masih dibutuhkan uji lebih lanjut untuk mempelajari manfaat dari ekstrak tanaman stevia ini dalam hal pengaturan kadar gula darah dan tekanan darah.

 

Amankah Gula Stevia?

Berbagai penelitian yang mempelajari keamanan senyawa stevioside dan rebaudioside pada gula stevia menunjukkan tidak adanya efek negatif dari konsumsi senyawa-senyawa tersebut. Bahkan, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi senyawa stevioside hingga 1500 mg/hari ternyata aman dan tidak menyebabkan efek samping5.

 

Kini kebaikan manis alami daun Stevia dapat kamu nikmati di Tropicana Slim Steviadalam kemasan sachet yang praktis.

Kelebihan Tropicana Slim Stevia dibandingkan pemanis Stevia lain:

 

Aspek

Tropicana Slim Stevia

Pemanis Stevia Merk Lain

Rasa

Profil kemanisan lebih menyerupai gula pasir ; pada saat blind test (konsumen mencicipi rasa tanpa melihat merek)Tropicana Slim Stevia menang dalam hal rasa dibandingkan pemanis stevia lainnya.

Kurang mendekati rasa gula pasir, ada after taste pahit

Kalori

0         Kalori

Mengadung kalori (rata-rata 10 kalori)

Gramasi

2,6 gr / sachet

Kurang dari 2,6 gr / sachet

Kelarutan

Mudah larut

Lebih sulit larut

Tropicana Slim Stevia sudah tersedia di Hypermarket, Supermarket, Alfamart, Alfamidi dan Indomaret; serta dapat dibeli online di www.nutrimart.co.id

References:

  1. Overview: The history, technical function and safety of rebaudioside A, a naturally occurring steviol glycoside, for use in food and beverages. 2008. Food and Chemical Toxicology 46: S1–S10.
  2. Stevioside and related compounds: Therapeutic benefits beyond sweetness. 2009. Pharmacology & Therapeutics 121: 41–54.
  3. Stevia (Stevia rebaudiana) a bio-sweetener: a review. 2010. International Journal of Food Sciences and Nutrition 61(1): 1–10.
  4. Biological Treatments for Autism and PDD. 2008. ISBN 0-9661238-1-6.
  5. Stevia: It’s Not Just About Calories. 2010. The Open Obesity Journal  2: 101-109.
  6. Efficacy and Tolerability of Oral Stevioside in Patients with Mild Essential Hypertension: A Two-Year, Randomized, Placebo-Controlled Study. 2003. Clinical Therapeutics 25(11): 2797-2808.

 

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *