Makanan Tepat untuk Kualitas Tidur Anda

25 June 2010 Food for Your Sleep Apa yang Anda konsumsi, itulah yang mempengaruhi kualitas tidur dan tentunya turut berkontribusi dalam menjaga kualitas hidup sehat Anda. Ada sebagian makanan yang dapat membuat Anda tertidur lebih lelap, tetapi ada juga yang perlu dihindari. Nah, berikut ini ada beberapa tips dan trik supaya tidur Anda lebih berkualitas.
  1. Carilah makanan yang kaya akan asam amino triptofan. Ya, asam amino triptofan merupakan asam amino yang dapat membantu supaya Anda tertidur lebih cepat. Asam amino jenis ini dapat Anda jumpai pada buah pisang, madu, oat, dan juga susu. So, kalau mau tidur lebih berkualitas, cobalah mengkonsumsi segelas susu di malam hari sebelum Anda tidur.
  2. Singkirkan menu tinggi lemak Menu-menu seperti junk food, gorengan, dan berlemak tinggi bukan hanya membahayakan kesehatan Anda, tetapi penelitian juga memperlihatkan bahwa mereka yang gemar mengkonsumsi jenis makanan tersebut ternyata sering sekali mengalami gangguan kesulitan tidur.
  3. Beware of Hidden Caffeine Ketika rasa kantuk menyerang, secangkir kopi memang efektif menyegarkan kembali tubuh Anda. Tetapi perhatikan waktu konsumsinya. Jika Anda justru menyeruput secangkir kopi di sore hari, peluang Anda mengalami kesulitan tidur lebih besar loh. Dan kafein bukan hanya terkandung di dalam kopi saja, produk-produk seperti coklat, cola, dan juga teh juga memiliki kandungan kafein. Jadi supaya Anda mudah tertidur di malam hari, pintar-pintarlah memilih waktu untuk mengkonsumsinya.
  4. Hindari Alkohol Efek alkohol terkadang menipu tubuh Anda, karena mungkin Alkohol akan membuat anda tertidur lebih cepat, tetapi di tengah waktu tidur tersebut, penelitian justru memperlihatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi alkohol justru akan sering terbangun secara mendadak, mengalami sakit kepala, berkeringat dingin di malam hari, dan hingga seringnya bermimpi buruk.
  5. Stop makan besar 4 jam sebelum tidur. Berbaring setelah Anda makan akan membuat rasa yang tidak nyaman karena kondisi lambung yang masih penuh. Jadi, biarkan lambung Anda mencerna apa yang sudah Anda konsumsi. Hindari juga makanan yang terlalu pedas di waktu makan malam, karena berpeluang mengganggu saluran pencernaan Anda.
  6. Jangan mengkonsumsi air putih berlebihan Bukan karena konsumsi berlebihan akan berdampak buruk, tetapi konsumsi berlebihan dapat membuat perut terasa penuh dan kembung. Selain itu Anda tidak mau waktu tidur terganggu karena harus ke toilet terus menerus, bukan?


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *