Fast Food dan Kolesterol Tinggi

5 October 2015

Apakah boleh menikmati hidup dengan mengonsumsi fast food?

Tentu saja boleh. Fast food biasanya memiliki rasa yang sangat lezat dan digemari banyak orang. Kendati boleh mengonsumsi fast food, namun Anda harus lebih mengutamakan asupan konsumsi makanan bergizi lainnya. Karena pada umumnya fast food merupakan makanan tinggi lemak, kolesterol, garam, dan gula. Maka sebaiknya Anda membatasi jumlah dan intensitas konsusminya.

 

Mengapa fast food tergolong sebagai tinggi lemak, garam, dan gula?

Mayoritas fast food dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang telah diawetkan seperti daging ham, ayam, kornet atau acar. Proses pengawetan bahan baku fast food tersebut biasanya menggunakan zat aditif yang tinggi kandungan sodium atau gula. Hal tersebut juga didukung oleh proses pengolahan fast food dengan metode deep fried. Sudah pasti bahan baku yang diawetkan dan proses pengolahan dengan cara digoreng menyebabkan kandungan lemak dan kolesterol pada fast food menjadi semakin tinggi. Bila Anda terlalu sering mengonsumsi fast food, Anda berisiko mengalami kenaikan kadar kolesterol dan sejumlah risiko gangguan kesehatan lainnya.

 

Sebenarnya, banyak cara mudah lho untuk menyiasati kegemaran menyantap fast food. Anda bisa memilih sandwich segar, salad sayur dengan dressing air perasan jeruk nipis, atau daging yang di grilled untuk meminimalkan asupan bahan makanan tinggi kolesterol bagi tubuh Anda. Sedangkan untuk menurunkan kolesterol  dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar setiap hari, serta rutin melakukan aktivitas olahraga ringan.

 

Mulailah untuk mengurangi jumlah dan intensitas konsumsi menu fast food favorit Anda, serta mengimbanginya dengan pola hidup sehat secara disiplin. Mari nikmati hidup dengan cara yang lebih sehat dan bijak!

 

 

Sources :
everydayhealth.com/high-cholesterol-pictures/ten-high-cholesterol-foods-to-avoid.aspx#03
cholesterol.about.com/od/eatingout/qt/fastfood.htm
Diakses pada : 9 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *