Diabetes: Myths & Facts – Part 1

14 December 2011

Apa yang Anda ketahui tentang kencing manis belum tentu benar.

Mitos 1: Penderita diabetes sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang manis.

Fakta: Penderita diabetes atau kencing manis memang harus membatasi konsumsi gula. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati makanan manis. Meniadakan konsumsi gula sama sekali justru bisa membuat kadar gula darah Anda terlalu rendah (hipoglikemia) yang dapat mengakibatkan pusing, lelah, gangguan penglihatan, sampai kehilangan kesadaran. Penderita diabetes boleh mengonsumsi makanan manis, asal jumlahnya dikontrol. Selain itu, telah tersedia pemanis pengganti gula seperti aspartame, stevia, sorbitol, atau acesulfame-K yang dapat membantu Anda mengontrol asupan gula dan aman bagi penderita diabetes.

Mitos 2: Penderita diabetes lebih baik mengkonsumsi nasi yang dimasak sehari sebelumnya dan didiamkan semalaman.

Fakta : Tidak ada perubahan yang berarti antara nasi yang didiamkan semalaman dengan nasi yang baru dimasak. Penderita diabetes dapat memilih nasi merah yang lebih kaya serat dan memiliki nilai Indeks Glikemik lebih rendah. Info lebih lanjut tentang beras merah, bisa cek di Beras Merah untuk Diabetes

Mitos 3: Diabetes itu menular!

Fakta: Penyakit diabetes tidak dapat ditularkan. Diabetes diakibatkan oleh faktor keturunan, genetik, atau gaya hidup seseorang, sehingga berbeda dengan penyakit menular yang diakibatkan virus atau bakteri. Meski demikian, diabetes bisa menyerang siapa saja, terutama orang-orang yang mengalami kegemukan, perokok, punya pola makan kurang sehat, kurang olahraga, dan yang sering stress. Apakah Anda berisiko terkena diabetes? Bisa cek di Kenali Resiko Diabetes Anda.

Mitos 4: Anak yang terlahir dari orang tua yang terkena diabetes, sudah pasti menderita diabetes juga.

Fakta: Jika orangtua Anda menderita diabetes, risiko Anda terkena diabetes memang menjadi lebih tinggi. Namun bukan berarti Anda pasti akan terkena diabetes. Studi menunjukkan bahwa anak dari orang tua yang diabetesi dapat terhindar dari diabetes tipe 2 dengan cara menjaga pola makan dan rutin melakukan aktivitas fisik. link ke Hati-hati, Diabetes itu Menurun

Mitos 5: Penderita diabetes tidak boleh berolahraga agar stamina tidak drop.

Fakta: Penderita diabetes justru dianjurkan untuk berolahraga secara teratur karena dapat mengoptimalkan penggunaan energi dalam tubuh dan mencegah kelebihan energi tersimpan sebagai lemak. Olahraga pun dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai waktu dan jenis aktivitas yang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Baca juga:

Reference:
1. What to Eat if You Have Diabetes. 1999.
2. Arch Intern Med 170: 961-969. 2010
3. WHO. 2008.
4. American Diabetes Association. 2004.
5. Guide to Living With Diabetes. 2006



Comments

  1. Tata Sudharta

    January 17, 2012, 11:06 pm

    I Like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *