Efek Garam Bagi Penderita Hipertensi

3 June 2015

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya: Mengapa penderita hipertensi harus mengurangi konsumsi garam? Pada dasarnya, garam atau natrium dibutuhkan oleh manusia terutama untuk menjaga fungsi saraf. Organ ginjal merupakan organ yang bertugas untuk mengontrol kadar garam di dalam tubuh. Bayangkan analogi pipa dan air. Bila air yang mengalir pada pipa begitu besar dan banyak, tentunya pipa akan menyemburkan air dengan tekanan yang tinggi. Begitu pula darah pada pembuluhnya. Garam yang berlebihan di dalam darah akan menarik air dan meningkatkan volume darah akibatnya tekanan darah akan naik pada pembuluh darah, seperti analogi pipa dan air. Hal inilah yang disebut dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Oleh karena itu, konsumsi garam untuk penderita hipertensi harus sangat diperhatikan. Namun perlu diingat, tubuh tetap membutuhkan garam namun tidak berlebihan, yakni sekitar 500 mg garam per hari. Sayangnya, kebanyakan orang mengonsumsi garam bahkan 10x lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan konsumsi garam untuk penderita hipertensi dibatasi tidak lebih dari 1500 mg garam per hari atau setara dengan sepertiga sendok teh garam dapur.

 

Asupan garam tidak hanya berasal dari makanan yang ditambahkan garam saja, tetapi garam dapat bersembunyi di beberapa makanan berikut ini:

  1. Acar
  2. Daging olahan seperti sosis dan bakso
  3. Keju dan saus
  4. Makan kaleng
  5. Makanan yang diawetkan

 

Selain membatasi asupan garam untuk penderita hipertensi, menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif juga dapat dilakukan dengan menganut pola hidup yang sehat. Rutin berolahraga dan memperhatikan waktu tidur yang sehat dapat membantu menjaga tekanan darah normal. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur serta makanan berserat tinggi lainnya juga dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara optimal.

 

 

Source:

webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-prevent

longevity.about.com/od/abouthighbloodpressure/p/sodium.htm


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *