Diet Tinggi Serat, Siapa Takut?

2 March 2016

Hidup sehat dimulai dengan memiliki berat badan yang ideal. Kelebihan berat badan merupakan masalah bagi sebagian besar orang yang menganut gaya hidup serba modern. Jika sudah seperti itu, Anda harus menentukan cara diet sehat  untuk menurunkan berat badan. Diet tinggi serat merupakan salah satu pilihan sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

 

Diet tinggi serat menganjurkan pelakunya untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi. Konsumsi makanan berserat tinggi dapat membuat perut terasa kenyang. Di samping itu, orang dewasa membutuhkan asupan serat 20-35 gram per hari untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat. Anda dapat memperoleh asupan serat tersebut dari buah, sayur, oatmeal, produk gandum, dan beras merah.

 

Diet tinggi serat akan berhasil jika Anda mengimbanginya dengan berolahraga. Selain itu, berikut adalah beberapa tips penting untuk melakukan diet tinggi serat yang aman bagi kesehatan:

1. Tambahkan jumlah makanan berserat yang dikonsumsi secara perlahan. Hindari mengonsumsi makanan tinggi serat langsung dalam porsi yang banyak untuk mencegah diare, perut kembung, dan gangguan pada lambung.

2. Imbangi diet tinggi serat dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Hal ini dilakukan agar Anda tidak sembelit.

3. Makan buah-buahan secara utuh untuk memperoleh serat alami dari buah tersebut.

4. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang juga mengandung serat alami jika Anda ingin menurunkan berat badan.

 

Menjalani hidup sehat  dengan diet tinggi serat dapat membantu Anda memperoleh berat badan yang ideal. Tak hanya itu, diet tinggi serat juga membantu Anda mencegah risiko penyakit jantung dan diabetes.

 

 

Source:

drugs.com/cg/high-fiber-diet.html

webmd.com/diet/fiber-weight-control?page=3

Diakses pada 16 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *