Diet Tepat untuk Turunkan Hipertensi

2 December 2015

Anda tentu kaget ketika mendengar diagnosa mengenai penyakit hipertensi yang ternyata sedang Anda alami. Meski merasa sehat dan tidak memiliki keluhan kesehatan apapun, bahaya hipertensi memang dapat mengintai kesehatan Anda bahkan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius lagi seperti penyakit stroke. Saat sudah mengetahui kondisi tekanan darah Anda yang tinggi, alangkah baiknya bila Anda segera menjalankan diet atau pola makan baru untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Diet seperti apa yang harus Anda jalankan secara disiplin?

 

Bahan Makanan yang Harus Dibatasi

Anda patut membatasi konsumsi makanan tinggi natrium yang berisiko meningkatkan tekanan darah Anda. Perlu Anda ketahui, natrium tidak hanya terdapat pada makanan cepat saji atau makanan ringan siap santap, tapi juga bisa saja berasal dari hidangan yang Anda buat sendiri di rumah. Batas aman konsumsi natrium per hari adalah 2.000 mg setara dengan 5 gram garam untuk semua jenis makanan dan minuman.

 

Selain natrium, konsumsi alkohol juga harus dibatasi untuk mencegah naiknya tekanan darah dan risiko gangguan pembuluh darah lainnya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari 2 gelas alkohol per hari memiliki risiko penyakit hipertensi yang lebih besar daripada orang yang tidak mengonsumsi alkohol.

 

Bahan Makanan yang Harus Anda Konsumsi

Demi menjaga kestabilan tekanan darah Anda, mulailah mengonsumsi makanan penurun darah tinggi  yang kaya akan serat dan vitamin. Konsumsi 2 mangkuk kecil buah dan 3 mangkuk kecil sayur  dapat mencukupi kebutuhan harian 35 gram serat bagi tubuh.

 

Selain buah dan sayur, konsumsi ikan dan produk turunan susu yang rendah lemak juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Kedua jenis makanan penurun darah tinggi ini mengandung asam lemak omega 3 yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

 

Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi makanan penurun darah tinggi hari ini? Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat agar tekanan darah Anda tetap normal dan Anda siap beraktivitas dengan penuh semangat!

 

 

Sources :

patient.co.uk/forums/discuss/right-diet-to-fight-hypertension-high-blood-pressure--124054

uptodate.com/contents/high-blood-pressure-diet-and-weight-beyond-the-basics

Diakses pada 22 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *