Diet Sehat dengan Konsumsi Tempe

6 January 2016

Apa jenis makanan untuk diet yang Anda pilih? Apakah sayuran atau buah-buahan? Menu diet yang hanya dikombinasikan dengan buah dan sayur saja tentu membutuhkan variasi lebih supaya tetap menyenangkan. Cobalah untuk mengolah makanan untuk diet dari bahan-bahan sehat dan terjangkau, seperti tempe. Makanan yang berbahan dasar kedelai dan gandum ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

 

Tempe merupakan makanan yang difermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus dan sering dikonsumsi oleh vegetarian. Dewasa ini, makanan khas Indonesia ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Bahkan, tempe dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk diet karena rendah lemak dan kalori. Selain itu, tempe juga memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Asam folat pada tempe dapat membantu untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
2. Memelihara kesehatan usus
3. Membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara dan prostat
4. Menjaga kesehatan tulang
5. Sumber protein

 

Tempe dapat dijadikan sebagai makanan untuk diet  bila Anda mengolahnya secara tepat. Misalnya, hindari mengolah tempe dengan cara digoreng. Anda dapat mengolahnya dengan cara kukus atau panggang agar tempe tetap rendah lemak. Terlepas dari manfaat tempe untuk kesehatan atau sebagai makanan untuk diet, Anda tetap harus menjalankan pola hidup sehat disertai dengan berolahraga secara teratur agar terhidar dari berbagai macam risiko penyakit dan memperoleh hasil optimal untuk diet yang sedang dijalankan.

 

 

Source:

sciencedaily.com/releases/2008/05/080528095627.htm

bioportfolio.com/resources/pmarticle/896339/Tempe-a-nutritious-and-healthy-food-from-Indonesia.html

Diakses pada 9 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *