Diet Rendah Kolesterol Ampuh Jaga Kesehatan Organ Hati

8 February 2016

Tahukah Anda? Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan hati Anda. Fungsi utama hati adalah untuk membuang racun dari dalam tubuh. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng atau berkolesterol tinggi, hati akan bekerja lebih keras dari biasanya.

 

Pemilik kolesterol tinggi memiliki risiko penyakit liver lebih besar dibandingkan orang dengan kadar kolesterol normal. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan organ hati, pemilik kolesterol tinggi harus menjalani pola makan sehat  yang tepat. Diet rendah kolesterol baik untuk memelihara kesehatan organ hati. Beberapa usaha menjaga kesehatan hati seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan minum air putih yang cukup, juga ampuh untuk menghindari risiko penyakit liver.

 

Selain mencari cara mengatasi kolesterol, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut untuk bantu jaga kesehatan organ hati:

1. Bawang putih
Bumbu masakan ini mengandung senyawa alami yang dapat membersihkan organ hati.

2. Grapefruit
Jeruk berukuran besar ini mampu memproduksi enzim detoksifikasi hati. Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga mampu membersihkan hati secara alami.

3. Teh hijau.
Green tea memiliki kandungan catechin, yakni salah satu antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan fungsi hati.

4. Alpukat
Kandungan antioksidan bernama glutathione pada alpukat membantu fungsi kinerja organ hati.

5. Kunyit
Jenis rempah satu ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kunyit dapat merangsang produksi empedu dan membantu detoksifikasi hati secara alami.

6. Sayuran hijau
Jenis sayuran hijau mengandung klorofil yang tinggi untuk menyerap racun dalam darah. Hal ini tentu bermanfaat untuk membersihkan hati dari racun yang berbahaya.

7. Lemon atau jeruk nipis
Minum air lemon atau jeruk nipis di pagi hari bermanfaat untuk merangsang fungsi hati.

 

Menjaga kesehatan hati dengan menurunkan kolesterol memang penting. Namun, carilah cara mengatasi kolesterol  yang alami dan aman bagi kesehatan organ hati Anda.

 

 

Source:

webmd.com/hepatitis/features/healthy-liver

huffingtonpost.ca/2012/09/13/foods-for-liver_n_1880715.html

Diakses pada 26 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *