Diet Rendah Garam Itu Mudah, Kok!

27 April 2015

Salah satu upaya menurunkan darah tinggi adalah dengan melakukan diet rendah garam. Di dalam garam terdapat natrium. Natrium dalam jumlah normal dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Kebutuhan normal manusia akan zat ini adalah sebanyak 2300 mg (1 sendok teh) dalam sehari. Sedangkan makanan yang dikonsumsi sehari-hari mungkin mengandung natrium jauh lebih banyak dari batas tersebut.

Mengurangi asupan natrium dapat membantu Anda menurunkan darah tinggi. Diet rendah garam ini membantu Anda mencapai tekanan darah yang normal. Lantas, apa sajakah makanan yang bisa membantu Anda menjalani diet rendah garam?

● Roti gandum
● Oatmeal atau sereal yang terbuat dari gandum dan dimasak dengan garam yang sangat sedikit.
● Buah, sayur, dan kacang-kacangan segar (bukan yang direndam dalam air garam di dalam kaleng)
● Daging dan ikan segar (bukan yang dikalengan)
● Sup yang dibuat dengan kaldu murni, tanpa penambahan garam.
● Susu, yoghurt, dan keju yang rendah sodium.
● Bumbu atau rempah-rempah alami.

Selain makanan tersebut, Anda juga bisa menggunakan air lemon atau kecap rendah garam sebagai penyedap masakan Anda. Hal yang paling penting dalam melakukan diet rendah garam adalah menahan diri untuk mengonsumsi makanan asin yang mengandung banyak garam. Anda bisa membatasi penggunaan garam ketika memasak. Jika sedang makan di luar, Anda bisa request untuk menggunakan sedikit garam pada makanan yang Anda pesan, atau meminta pemisahan saus saat Anda menyantap makanan sejenis steak, spaghetti, dan salad.

Source:
tropicanaslim.com/menghindari-hipertensi-bagaimana-trik-mengurangi-konsumsi-garam
uptodate.com/contents/low-sodium-diet-beyond-the-basics
Diakses pada 27 August 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *