Diet dengan Beras Merah, Siapa Takut?

7 April 2015

Masih mengonsumsi nasi putih? Yuk, coba beralih untuk mengonsumsi beras merah. Pasalnya, beras merah yang diolah menjadi nasi merah ini lebih bernutrisi dibandingkan nasi putih. Apabila Anda ingin menjalankan diet dengan menggunakan makanan berserat tinggi, beras merah merupakan pilihan yang tepat. Beras merah untuk diet tinggi serat merupakan solusi bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal dan memiliki tubuh yang sehat.

 

Beras merah lebih sehat dibandingkan beras putih karena beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Sekadar informasi bagi Anda, indeks glikemik pada makanan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, mengganti beras putih dengan beras merah dapat membantu Anda mengurangi peningkatan kadar gula dalam darah. Selain itu, beras merah untuk diet sangat baik karena memberikan rasa kenyang lebih lama. Apabila Anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, secara otomatis Anda tidak perlu ngemil atau terus menerus mengganjal perut.

 

Sebagian orang yang biasa mengonsumsi nasi putih, tentu akan merasa aneh jika harus mengganti asupan utama karbohidratnya dengan nasi merah. Namun, jika Anda mengolahnya dengan tepat, rasa nasi merah tidak kalah enak dengan nasi putih, kok. Nah, bagi Anda yang tertarik menjalankan diet sehat dengan beras merah, simak saja resep diet berikut ini:

 

Makan Pagi pukul 07.00

- 2 potong roti tawar gandum dengan selai rendah kalori

- 1 gelas susu low-fat

 

Snack pukul 10.00

- 1 buah pisang

 

Makan Siang pukul 12.30

- ¼ piring nasi merah

- 1 potong ikan bakar

- 1 mangkuk sayur asem

- 1 porsi lalap

- 1 buah jeruk

 

Snack pukul 16.00

- 1 cup yoghurt rendah lemak

 

Makan Malam pukul 19.00

- ¼ piring nasi merah

- 1 potong ayam rebus

- 1 porsi tumis kangkung

- 1 porsi melon

 

Menu yang nikmat dan mengenyangkan ini dapat membantu Anda menjalankan program diet sehat. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah karena rasanya juga cukup lezat, kok!

 

 

Sumber:

tropicanaslim.com/category/info-sehat/diabetes-komplikasi

caloriesecrets.net/10-health-benefits-of-brown-rice/

lowcarbdiets.about.com/od/CarbsInGrains/a/Carbs-In-Rice.htm

Diakses pada 12 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *