Diet Dapat Memperpanjang Usia, Benarkah?

25 June 2015

Semakin Anda kelebihan berat badan, semakin berisiko juga Anda terkena banyak penyakit. Sebut saja diabetes yang salah satu penyebabnya adalah timbunan lemak tubuh, sehingga mengganggu proses kerja hormon insulin. Hampir semua penyakit yang berhubungan dengan obesitas memiliki risiko yang berujung pada kematian, oleh karena itu diet sering kali dikaitkan dengan perpanjangan usia.

 

Sejatinya, diet bukan serta-merta langsung memperpanjang usia. Akan tetapi, diet adalah kunci untuk hidup sehat lebih lama. Siapa sih yang tidak ingin hidup sehat di sepanjang usianya? Salah satu diet sehat adalah diet rendah kalori. Berdiet bukan berarti tidak makan sama sekali, tetapi makan secukupnya dan mengurangi asupan kalori yang dimakan. Secara medis, penuaan diakibatkan oleh pendeknya ujung DNA yang tugasnya menjaga sel-sel tubuh agar tetap hidup, yakni Telomer. Saat sel melakukan pembelahan, maka ukuran telomer menjadi semakin pendek. Dapat Anda bayangkan jika telomer ini terus memendek maka sel-sel tubuh akan cepat mengalami kematian. Hal tersebut dapat memperpendek usia manusia.

 

Untuk memulai diet sehat guna memperpanjang telomer dalam tubuh, Anda dapat mengikuti program diet sehat berikut ini:

- Mengurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi seperti kue, soft drink, dll.
- Membatasi atau bahkan berhenti mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi.
- Melakukan aktivitas olahraga, seperti berjalan kaki minimal 30 menit sehari.
- Melakukan manajemen terhadap stress.
- Mengatur konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.

 

Kapan waktu yang tepat untuk berdiet? Ketika berat badan Anda sudah melebihi batas normal. Anda juga dapat mengukur lingkar pinggang Anda sebagai tolak ukur obesitas seseorang. Lingkar pinggang normal wanita memiliki batas normal 80 cm, sedangkan pria batas normal lingkar pinggangnya adalah 85 cm.

 

 

Sumber:

- tropicanaslim.com/diet-rendah-kalori-kunci-hidup-sehat-lebih-lama
- tropicanaslim.com/makin-melar-makin-berisiko


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *