Diabetes? Pilih Makanan-Makanan Berikut!

23 February 2016

Jumlah kalori makanan  yang dikonsumsi oleh penderita diabetes tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan diabetesi. Namun demikian, meskipun harus selektif dalam memilih makanan, diabetesi tetap dapat menikmati makanan lezat dan sehat. Agar diabetesi tetap dapat mengonsumsi makanan lezat tanpa khawatir gula darah meningkat, ganti makanan-makanan ini dengan makanan untuk diabetes yang lebih sehat.

 

1. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Diabetesi membutuhkan asupan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti nasi merah. Selain rendah kalori, nasi merah juga mengandung serat dua kali lebih banyak, folat, kalium, kolin, vitamin B3, dan selenium lebih banyak dari nasi putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

 

2. Ganti Daging Merah dengan Ikan

Diabetesi wajib menjaga kadar kolesterol tetap normal untuk menghindari komplikasi penyakit kronis. Sementara itu, daging merah dinilai mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Solusinya, Anda dapat mengganti lauk daging merah dengan ikan yang kaya asam lemak omega-3, namun diperhatikan juga cara mengolahnya, yaitu hindari digoreng apalagi deep fried.

 

3. Ganti Garam dengan Rempah Lainnya

Mengontrol tekanan darah juga merupakan kewajiban bagi diabetesi. Pasalnya, hipertensi juga dapat mengakibatkan komplikasi pada jantung atau ginjal penderita diabetes. Ketika memasak, Anda dapat mengganti penggunaan garam dengan rempah-rempah, seperti jintan, paprika, basil atau peterseli. Rempah-rempah tersebut memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dan aman bagi diabetesi.

 

4. Ganti Mayones dengan Air Jeruk Segar

Untuk dressing salad biasanya digunakan mayones, mustard atau saus salad lainnya. Saus salad umumnya tinggi kalori dan natrium. Oleh karena itu, coba ganti saus salad yang biasa digunakan dengan perasan air jeruk segar.

 

5. Ganti Minyak Goreng dan Margarin dengan Minyak Canola

Jika ingin menggunakan minyak untuk mengolah makanan, gantilah minyak goreng biasa atau margarin dengan minyak canola atau minyak jagung yang lebih sehat.

 

Selain mengganti makanan biasa dengan makanan untuk diabetes  yang lebih sehat, penderita diabetes juga harus mengonsumsi makanan yang kaya serat. Serat alami dapat diperoleh dari buah, sayur dan gandum.

 

 

Source:

everydayhealth.com/health-report/cs-type-2-diabetes-healthy-food-swaps.aspx

everydayhealth.com/columns/donna-gibson-diabetes-in-the-family/foods-for-the-diabetic-eating-smart-by-donna-gibson-special-to-everyday-health/

Diakses pada 12 Juni 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *