Ciri-ciri dan Gejala Diabetes

15 April 2015

Kencing manis merupakan salah satu istilah lain dari diabetes. Penyakit ini terjadi karena gangguan kerja yang dialami hormon insulin. Sedikit informasi, hormon insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme glukosa di dalam darah. Permasalahan terjadi ketika hormon insulin mengalami gangguan sehingga kadar gula dalam darah meningkat. So, bisa dikatakan diabetes memang disebabkan oleh gula, meskipun terkadang penyebab utamanya bukan hanya karena gula.

 

Gejala diabetes salah satunya adalah penyandang mudah merasa lapar dan haus. Kemudian, rasa lapar tersebut juga disertai dengan frekuensi buang air kecil yang cukup sering, berat badan menurun drastic, dan merasa letih dan lesu. Apabila Anda merasakan hal-hal tersebut, bisa jadi bahwa itu merupakan gejala diabetes.

 

Tipe Penyakit Diabetes Beserta Ciri-ciri, Gejala, dan Penyebabnya

Ciri-ciri diabetes sangat bermacam-macam berdasarkan tipenya. Adapun ciri-ciri dari tipe penyakit diabetes adalah sebagai berikut:

 

1. Ciri-ciri Gejala Diabetes Tipe 1

Jenis diabetes ini biasanya menyerang anak-anak dan remaja. Diabetes tipe 1 ini juga dikenal sebagai juvenile diabetes. Ciri-ciri diabetes tipe ini adalah hancurnya sistem autoimunitas dari sel ╬▓-cells. Kehancuran autoimunitas tersebut membuat pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin. Alhasil, para penyandang diabetes tipe 1 ini sangat bergantung pada terapi hormon insulin.

 

2. Ciri-ciri Gejala Diabetes Tipe 2

Tipe ini paling banyak dialami oleh penyandang diabetes. Sekitar 90-95% penyandang diabetes mengalami diabetes tipe 2. Secara medis, penyebab diabetes tipe ini adalah gaya hidup penyandangnya yang tidak sehat. Pada penyandang diabetes tipe 2, pankreas masih menghasilkan hormon insulin dengan kadar yang sangat sedikit. Oleh karena itu, diabetes tipe 2 juga dikenal sebagai Non-insulin Dependent Diabetes Mellitus.

 

3. Tanda dan Gejala dari Gestasional Diabetes

Sebagian besar penyandangnya adalah ibu hamil yang sebelumnya tidak pernah terkena diabetes. Ketika dicek, kadar gula darah dapat melebihi 126 mg/dL. Kadar gula tinggi pada seorang ibu hamil akan diteruskan pada janin lewat plasenta. Akibatnya, setelah lahir bayi memiliki berat badan yang melebihi batas normal dan bayi tersebut juga memiliki risiko diabetes yang diturunkan dari ibunya

 

Diabetes dipercaya sebagai penyakit keturunan. Padahal, seseorang tanpa riwayat dibetes di keluarganya pun bisa tetap terserang penyakit ini. Namun, dengan pola hidup dan diet sehat, Anda bahkan penyandang diabetes sekaliapun bisa tetap menjalani hidup dengan sehat.

 

Sumber:

tropicanaslim.com/berkenalan-dengan-si-manis-diabetes

tropicanaslim.com/sugar-101

Diakses pada 13 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *