Diabetes dan Cuaca Panas

25 August 2010
Diabetes dan Cuaca PanasCuaca Panas vs Diabetes Apabila Anda penderita diabetes, nampaknya Anda harus lebih berhati-hati terhadap cuaca panas. Penelitian menunjukkan bahwa cuaca panas memiliki pengaruh terhadap peningkatan frekuensi kunjungan ke rumah sakit, serangan heat-related illness, serta kematian pada penderita diabetes saat cuaca panas1. Tingginya frekuensi komplikasi, serangan heat-related illness, serta kematian pada penderita diabetes saat cuaca panas dipengaruhi oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengatasi panas. Cuaca panas mengakibatkan suhu tubuh meningkat melebihi suhu normal tubuh. Pada individu yang sehat, tubuh akan merespons dengan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Namun, tidak halnya dengan para penderita diabetes1. Diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah dapat mengganggu sistem metabolisme dan pengaturan panas tubuh. Akibatnya, penderita diabetes tidak mudah mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Temperatur di dalam tubuh pun terus meningkat. Apabila hal ini terus berlangsung, penderita diabetes dapat terkena heat shock, heat stroke, bahkan kematian1. Heat Related Illness Berikut adalah beberapa contoh heat-related illness2:
  • Heat rash Heat rash ditandai dengan rasa gatal atau rasa tidak nyaman pada kulit. Hal ini terjadi karena penyumbatan atau pembengkakan kelenjar keringat.
  • Heat cramps Keram dapat terjadi pada otot karena keringat menyebabkan tubuh kekurangan air, garam, dan mineral elektrolit.
  • Heat edema Ditandai dengan pembengkakan di tangan atau kaki. Hal ini dapat terjadi apabila Anda duduk atau berdiri dalam waktu cukup lama pada lingkungan dengan cuaca panas.
  • Heat syncope Panas dapat mengakibatkan pelebaran pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah dapat menurun. Tekanan darah yang terlalu rendah dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran atau pingsan.
  • Heat exhaution Heat exhaution dapat terjadi apabila Anda bekerja atau berolahraga di tengah cuaca panas dan tidak mengonsumsi cukup air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Heat stroke Heat stroke dapat terjadi karena gangguan pada sistem pengaturan suhu tubuh. Akibatnya, suhu tubuh akan terus meningkat. Hal ini dapat berakibat fatal atau mengakibatkan masalah dalam jangka panjang.
Serangan panas atau heat-related illness dapat terjadi pada suhu di atas 32.2 oC. Adapun kelembaban udara yang tinggi dapat meningkatkan resiko heat-related-illness karena kondisi udara yang lembab dapat memperlambat laju pengeluaran keringat1. Keadaan di Indonesia Indonesia merupakan daerah tropis dengan temperatur serta kelembaban yang cukup tinggi. Kelembaban udara atau RH (Relative Humidity) di Indonesia cukup tinggi, sekitar 75-90% sedangkan suhu udara berkisar antara 26-33 oC. Hal ini mengakibatkan gangguan atau serangan panas rentan terjadi pada penderita diabetes di Indonesia. Tindakan Pencegahan Berdasarkan survei, 1 dari 5 responden mengatakan bahwa mereka tidak mengambil tindakan pencegahan terhadap cuaca panas walaupun temperatur telah mencapai 37.8oC. Hal ini tentu saja dapat berakibat fatal. Karena itu, para penderita diabetes perlu berhati-hati dalam beraktivitas. Hindari beraktivitas di luar ruangan, terutama di siang hari. Hindari pula beraktivitas di dalam ruangan yang tidak disertai ventilasi dan pengatur udara yang memadai1. Cuaca panas pun dapat mempengaruhi efektivitas obat serta terapi insulin. Karena itu, perlu diperhatikan untuk menyimpan obat-obatan diabetes di tempat yang kering dan sejuk. Selain itu, perlu dilakukan edukasi untuk pasien yang difokuskan pada penanganan diabetes terhadap cuaca panas untuk mencegah akibat fatal yang tidak diinginkan1. References:
  1. The Endocrine Society. 2010. Many People with Diabetes Do Not Know or Heed Dangers of Hot Weather. http:// www.sciencedaily.com-/releases/2010/06/100621091213.htm [27 July 2010]
  2. WebMD. 2010. Heat-Related Illnesses – Topic Overview. http://firstaid.webmd.com/tc/heat-related-illnesses-topic-overview. [27July 2010].


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *