Dengan Trik Ini, Hidangan BBQ Jadi Makin Sehat

13 January 2016

Menyantap menu BBQ kerap dianggap sebagai pola makan yang kurang sehat karena penggunaan bahan makanan yang tinggi lemak. Padahal, Anda tetap bisa menyantap menu BBQ sehat dengan memperhatikan beberapa hal penting berikut.

 

Menyantap Menu Ikan

Menu BBQ berbahan dasar ikan seperti salmon atau gindara sangat baik untuk kesehatan Anda. Tidak hanya membutuhkan waktu pemanggangan yang singkat, omega 3 dan omega 6 yang terkandung dalam ikan dapat menjaga kesehatan jantung.

 

Memilih Daging yang Minim Kandungan Lemak

Agar lebih sehat, pilihlah daging sapi, kambing, atau ayam yang minim kandungan lemaknya. Anda bisa menyisihkan bagian lemak daging atau kulit ayam sebelum memanggangnya.

 

Mematangkan Daging Terlebih Dahulu

Daging dengan tekstur tebal dianjurkan untuk dimasak terlebih dahulu menggunakan oven agar bagian dalamnya matang merata. Dengan demikian, proses pemanggangan hanya dilakukan untuk mematangkan permukaan dan menghasilkan aroma daging panggang yang lezat. Selain itu, coba panggang dengan waktu yang pas sehingga meminimalisasi bagian yang kehitaman, supaya lebih sehat tapi tetap enak.

 

Menambahkan Aneka Sayuran

Aneka sayuran bisa menjadi pelengkap menu BBQ sekaligus pemenuh kebutuhan serat, vitamin, dan mineral bagi tubuh. Beberapa jenis sayuran seperti paprika, daun bawang, dan bawang bombay akan membuat aroma dan rasa BBQ jadi semakin luar biasa.

 

Betapa serunya menyantap menu BBQ bersama keluarga atau sahabat. Menyiasati hidangan BBQ dengan bahan makanan yang sehat akan meminimalkan rasa was-was Anda terhadap risiko kesehatan jantung dan tubuh Anda. So, daripada mencari cara mengobati penyakit jantung  lebih baik, cegah sedini mungkin!

 

 

Sources :

healthmonitor.com/your-health/5-ways-make-your-barbecue-healthier

heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyEating/Heart-Healthy-Grilling-and-Barbecue-Tips_UCM_303146_Article.jsp

webmd.com/heartburn-gerd/features/bbq-tricks-for-avoiding-heartburn

Diakses pada : 11 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *