Dengan Rempah-Rempah Ini, Diet Rendah Garam Tak Lagi Menyiksa

29 October 2015

Menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan menjalani diet rendah garam. Jenis diet yang satu ini berfokus pada pengurangan konsumsi garam pada makanan. Seperti yang kita ketahui, garam adalah salah satu pantangan darah tinggi. Oleh karenanya, usaha pengurangan konsumsi garam ini dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah.

 

Makanan yang tidak menggunakan garam seringkali dirasa hambar. Namun, dengan rempah-rempah berikut ini Anda dapat membuat makanan yang hendak dikonsumsi terasa lezat meskipun tidak menggunakan garam:

1. Bawang putih
2. Rosemary
3. Daun salam
4. Cabai
5. Lada hitam
6. Kayu manis
7. Jahe
8. Cengkih
9. Ketumbar
10. Jintan

 

Diet rendah garam juga menganjurkan Anda untuk mengurangi konsumsi saus dan kecap dalam kemasan. Hal tersebut dikarenakan kandungan natrium atau garam pada produk saus dan kecap kemasan cukup tinggi. Anda dapat menyiasatinya dengan membuat saus dan kecap sendiri dengan cara berikut ini:

Saus Tomat

Bahan-bahan yang digunakan adalah 6 ons tomat segar, 1 sdm gula merah, 1 sdt bawang putih bubuk, dan 1 sdt bawang merah bubuk.

Saus Sambal

Bahan-bahan yang digunakan adalah 2 cabai hijau (jalapeno jika ada), 2 siung bawang putih, 2 sdm cuka makan, dan 6 ons tomat segar.

Kecap Manis

Bahan-bahan yang digunakan adalah 1 cangkir kaldu sapi murni, 1 sdm cuka makan, 2 sdt gula merah cair, serta masing-masing 1/8 sdt bubuk bawang putih, lada hitam dan jahe.

 

Cara membuat saus dan kecap dengan bahan-bahan alami tersebut adalah dengan mencampur dan menghaluskan semua bahan, kemudian masak selama kurang lebih 10 menit hingga mengental. Diet rendah garam  tidak hanya menggunakan beberapa rempah alami sebagai pengganti garam saja, tetapi juga dengan mengonsumsi saus dan kecap yang rendah garam.

 

 

Source:

drugs.com/cg/seasoning-without-salt.html

heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyCooking/Healthier-Condiments_UCM_445176_Article.jsp

Diakses pada 2 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *