Dengan Aktivitas Ini, Menangkal Diabetes Jadi Lebih Mudah!

11 December 2015

Memiliki penyakit diabetes melitus bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada kesempatan bagi Anda untuk memperbaiki pola hidup dan menstabilkan kadar gula darah. Gula diabetes  Anda mungkin berada di tingkat yang tinggi. Tapi, dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, Anda tentu dapat meminimalkan risiko dan efek samping diabetes.

 

Aktivitas fisik apa saja yang dapat membuat penderita diabetes melitus  jadi lebih bugar?

 

Jalan Santai

Jalan santai adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Bahkan, menurut penelitian, jalan santai memiliki efek sehat yang sama dengan latihan aerobik. Tubuh Anda akan terbiasa bergerak, dan insulin yang diproduksi pun bekerja lebih efektif.

 

Tai Chi

Olahraga yang satu ini tak hanya identik dengan manula, lho. Rutin menjalankan olahraga tai chi selama 30 menit dapat membantu Anda tetap rileks sekaligus meminimalkan penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

 

Sepeda Statis

Saat cuaca tak bersahabat, bersepeda statis bisa menjadi alternatif olahraga di rumah. Tidak hanya ampuh membakar kalori, bersepeda statis juga membuat otot-otot tubuh Anda tetap aktif bergerak.

 

Berenang

Olahraga air ini terbukti ampuh melancarkan peredaran darah sehingga risiko penumpukan plak pada pembuluh darah pun bisa diminimalkan. Di samping itu, olah raga renang baik bagi penderita diabetes karena memiliki risiko luka atau cidera yang lebih rendah dibandingkan jenis olah raga lain seperti lari atau badminton. Ingatlah bahwa luka pada penderita diabetes jauh lebih sukar disembuhkan.

 

Keempat jenis olahraga tersebut bisa menjadi solusi tepat bagi para diabetesi untuk memulai pola hidup sehat dengan cara yang mudah. Jadi, manakah olahraga yang paling Anda sukai?

 

Sources:

everydayhealth.com/diabetes-pictures/6-great-exercises-for-people-with-diabetes.aspx

emedicinehealth.com/tips_for_exercising_safely_when_you_have_diabetes-health/article_em.htm

Diakses pada : 5 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *