Daging dan Kadar Kolesterolnya

18 November 2015

Anda suka makan daging?

 

Daging memang menjadi salah satu bahan makanan yang lezat. Dijadikan bahan tumisan, dicampur dengan sup, atau dipanggang dengan saus, kelezatan daging biasanya membuat sebgian orang menjadi kalap ketika menyantapnya. Namun, sebaiknya Anda membatasi konsumsi daging karena daging adalah salah satu bahan makanan yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi  bila dikonsumsi secara berlebihan.

 

Pada umumnya, jenis daging merah seperti daging sapi atau daging kambing digolongkan sebagai makanan kolesterol tinggi yang konsumsinya sebaiknya dibatasi, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. . Sebagai contoh, dalam 100 gram sajian daging sapi yang dimasak dengan sedikit minyak atau mentega, terkandung 84 mg kolesterol. Sedangkan kandungan kolesterol pada domba dan bagian kakinya justru lebih besar lagi, yaitu sekitar 89 mg per 100 gram sajian.

 

Fakta mengenai tingginya kandungan kolesterol pada daging tentu membuat Anda sadar akan aturan untuk membatasi konsumsi daging, terutama jenis daging merah. Sebagai gantinya, Anda bisa menyantap daging ayam tanpa kulit atau beragam jenis ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Kandungan omega 3 baik untuk meningkatkan fungsi otak dan meminimalkan risiko penyakit pembuluh darah. Sehingga, konsumsi makanan omega 3 dapat membantu Anda terhindar dari risiko kolesterol.

 

Tidak masalah jika sesekali Anda ingin menyantap masakan berbahan dasar daging bersama keluarga atau sahabat tercinta. Tapi, jangan lupa untuk membatasi jumlahnya agar konsumsi daging tidak menjadi penyebab kolesterol tinggi bagi Anda di kemudian hari. Selamat mengonsumsi makanan sehat!

 

 

Source:

medicinalfoodnews.com/vol06/issue4/meat.htm

webmd.com/cholesterol-management/eating-meat-when-you-have-high-cholesterol

Diakses pada 16 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *