Daging Asap Tak Baik untuk Hipertensi?

19 October 2015

Anda penggemar daging asap?

 

Daging asap memang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat lezat ya, healthy lovers. Rasa dagingnya khas dipadukan dengan citarasa gurih dan tekstur daging yang berserat. Tak heran bila daging asap sering digunakan sebagai bahan dasar aneka makanan karena penggunaannya yang praktis dan rasanya yang lezat.

 

Apakah mengonsumsi daging asap baik untuk kesehatan?

 

Sayangnya, sama seperti daging lainnya bila lemaknya tidak dibuang, daging asap mengandung saturated fat (lemak jenuh) yang cukup tinggi. Saturated fat dapat memicu timbulnya plak pada pembuluh darah. Plak pada pembuluh darah berpotensi menimbulkan penyakit hipertensi, gangguan kerja jantung, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

 

Selain kandungan lemak jenuh yang tinggi, daging asap juga mengandung kadar garam yang tinggi. Daging asap umumnya menggunakan banyak garam selama proses persiapannya sehingga sebaiknya dihindari. Asupan garam yang tinggi tentunya dapat meningkatkan risiko perkembangan hipertensi dan penyakit jantung.

 

Maka dari itu, bila Anda menderita hipertensi, alangkah baiknya untuk segera menambahkan daging asap ke dalam daftar pantangan darah tinggi. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi daging asap sama sekali, kok. Anda hanya perlu membatasi jumlah dan intensitas konsumsinya. Anda juga bisa mengganti daging asap pada salad Anda dengan lauk yang lain, ikan panggang contohnya. Pantangan darah tinggi seharusnya tidak membuat Anda tersiksa karena Anda bisa menemukan cara baru untuk menciptakan hidangan yang lebih sehat dan tetap lezat.

 

 

Sources :

nutrition.about.com/od/cardiovascular/f/Is-Bacon-Bad-For-Your-Health.htm

http://www.uhs.wisc.edu/health-topics/healthy-lifestyle/documents/Sodium.pdf

healthcentral.com/high-blood-pressure/cf/slideshows/10-foods-to-avoid-with-high-blood-pressure#slide=6

Diakses pada : 19 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *