Cokelat, Baik untuk Jantung Anda

9 July 2015

Makanan sehat untuk jantung tidak hanya makanan yang dianggap “kurang lezat”. Akan tetapi, cokelat adalah makanan yang nikmat dan baik bagi jantung Anda. Seorang peneliti dari University of Cambridge Inggris, Oscar H. Franco, MD, PhD mengatakan bahwa rutin mengonsumsi cokelat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, konsumsi cokelat sebagai makanan sehat yang baik bagi jantung ini harus dengan porsi yang secukupnya untuk menghindari risiko penyakit lain, seperti diabetes.

 

Pernyataan bahwa cokelat adalah salah satu makanan sehat untuk jantung  bukan tanpa bukti yang pasti. Berikut adalah fakta-fakta yang membuktikan bahwa cokelat merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung:

1. Cokelat kaya akan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Senyawa-senyawa aktif yang terdapat pada cokelat dapat memproteksi tubuh dari penyakit kardiovaskular dengan bekerja sebagai antioksidan, anti radang, meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

3. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Oscar H. Franco menyatakan bahwa orang yang teratur mengonsumsi cokelat memiliki risiko penyakit jantung 37% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi cokelat.

 

Akan tetapi manfaat baik dari cokelat bukan berasal dari semua jenis coklat yang ada di pasaran. Coklat olahan atau batangan diproses dengan menambahkan banyak gula sehingga kurang menyehatkan. Coklat yang sehat adalah coklat dari jenis dark chocolate. Dark chocolate inilah yang mengandung banyak polifenol yang menyehatkan. Pilihkan dark chocolate tanpa penambahan gula untuk mendapatkan manfaat maksimal dari coklat. Sayangi jantung Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang baik bagi jantung.

 

 

Source:
tropicanaslim.com/manfaat-coklat-untuk-jantung-anda
w
ebmd.com/heart-disease/news/20110829/chocolate-good-for-the-heart
Diakses pada 24 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *