Cermati Kandungan Garam yang Tersembunyi pada Makanan!

18 December 2015

Banyak anggapan yang menyatakan kalau tips menurunkan tekanan darah tinggi  yang paling ampuh adalah dengan membatasi konsumsi garam. Padahal diet rendah garam tidak selalu harus membuat Anda memasak tanpa garam. Bisa saja kandungan garam yang tersembunyi malah terdapat pada makanan sehat kegemaran Anda.

 

Makanan apa saja yang mungkin mengacaukan diet rendah garam Anda?

 

Sepotong Roti Tawar

Tahukah Anda kalau sepotong roti tawar putih bisa memiliki kandungan natrium mencapai 230 mg? Padahal dalam satu hari, Anda hanya butuh  tidak lebih dari dari 2.300 mg sodium saja. Jadi, mulailah memilih jenis roti tawar yang lebih sehat mulai dari sekarang dan perhatikan jumlah dalam mengonsumsinya.

 

Dressing Salad

Menyantap salad di restoran cepat saji dengan dressing yang bercitarasa segar memang nikmat. Namun, Anda harus hati-hati karena sehatnya sayuran di mangkuk salad Anda menjadi tidak sehat karena dressing yang biasanya memiliki kandungan natrium yang tinggi, solusinya adalah pilih dressing lebih sehat seperti olive oil atau dressing rendah kalori dan gunakan dressing salad secara tidak berlebihan.

 

Cereal

Apakah Anda mengira kalau cereal sarapan pagi Anda sehat? Lantas anda dapat mengonsumsi sebanyak yang anda inginkan? Faktanya, cereal sarapan pagi dapat mengandung lebih dari 300 mg sodium per cangkir sajian. Jadi, cermati lagi komposisi cereal kesukaan Anda, dan jangan berlebihan mengonsumsinya.

 

Ketiga jenis makanan tersebut hanya sebagian kecil dari makanan sehat yang berpotensi memiliki kandungan natrium yang tinggi terutama apabila dikonsumsi berlebihan. Mulai hari ini, yuk lebih teliti lagi dalam mengamati komposisi makanan. Jangan bosan juga untuk mencari referensi makanan sehat yang rendah natrium agar diet rendah garam  yang Anda jalani semakin optimal.

 

 

Sources :

everydayhealth.com/diet-and-nutrition-pictures/uncovering-hidden-salt-in-food-1028.aspx#05

heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyEating/Sodium-and-Salt_UCM_303290_Article.jsp

health.clevelandclinic.org/2013/07/hidden-salt-in-foods/

Diakses pada : 7 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *