Cermat Membaca Label Informasi Nilai Gizi

23 March 2016

Tahukah Anda? Label informasi nilai gizi dapat menjadi sahabat Anda dalam memerangi penyakit jantung. Mehdi Razavi, MD, seorang spesialis penyakit jantung di Texas Heart Institute, Houston, mengatakan bahwa label informasi nilai gizi dapat membantu Anda dan penderita penyakit jantung dalam memilih makanan. Label tersebut dapat menunjukkan perbedaan antara makanan sehat untuk jantung  dan makanan yang tidak sehat.

 

Cermat membaca label informasi nilai gizi dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berikut adalah tips membaca label nilai gizi dalam menentukan makanan sehat untuk jantung:

 

Perhatikan Jumlah Kalori Per Porsi

Kalori adalah salah satu penyebab obesitas. Kelebihan berat badan dapat memicu risiko penyakit jantung. Batas konsumsi kalori wanita ialah 1.500 – 2.000 per hari, sedangkan pria 2.200 kalori per hari. Sebelum mengonsumsi makanan, perhatikan label nilai gizinya terlebih dahulu agar dapat menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

 

Waspada Terhadap Lemak

Label nilai gizi menginformasikan kepada Anda mengenai jenis lemak yang terkandung pada kemasan tersebut. Lemak yang Anda konsumsi seharusnya adalah lemak tak jenuh. Hindari makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh.

 

Kontrol Natrium

Terlalu banyak natrium pada makanan Anda tentu akan berdampak negatif pada kesehatan. Baca informasi nilai gizi dan pilih produk makanan dan minuman yang rendah natrium. Ingat, anjuran untuk mengonsumsi maksimal 2000 mg natrium.

 

Pastikan Ada Kandungan Protein

Protein baik untuk tubuh manusia. Namun, pastikan sumber protein yang Anda peroleh berasal dari nabati, seperti kacang-kacangan. Pastikan juga Anda memperoleh asupan protein sebanyak 60-120 gram sehari.

 

Ternyata, banyak manfaat positif dengan membaca label informasi nilai gizi. Yuk, tentukan makanan sehat untuk jantung Anda dengan rajin mencermati label pada kemasan produk yang hendak dikonsumsi!

 

 

Source:

webmd.com/heart/features/heart-disease-food-labels-expert-qa

my.clevelandclinic.org/services/heart/disorders/heart-failure-what-is/nutrition_hf

Diakses pada 25 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *