Cek Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi Berikut, Yuk!

1 June 2015

Tekanan darah tinggi harus segera diturunkan menjadi normal. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh hipertensi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi garam atau natrium. Semakin sedikit garam yang Anda konsumsi, Anda dapat lebih cepat memiliki tekanan darah yang normal. Namun, tentu saja usaha tersebut juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya.

 

Berbicara mengenai diet rendah garam, sebagian orang tentu berpikir bahwa makanan akan menjadi kurang sedap jika sedikit atau sama sekali tidak menggunakan garam. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena mengurangi garam bukan berarti mengurangi citarasa dari makanan tersebut. Berikut adalah daftar makanan penurun darah tinggi dengan rasa nikmat dan rendah natrium:

Pisang
Selain rasanya yang manis dan nikmat, buah pisang juga kaya akan kalium yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Nikmati pisang dengan sereal atau yoghurt. Mengolah pisang menjadi salad dan jus juga pilihan yang baik.

Yoghurt
Yoghurt adalah sumber kalsium yang cukup baik. 6 ons porsi yoghurt mengandung 300 mg kalsium. Kekurangan kalsium dapat menjadi pemicu tekanan darah tinggi.

Kayu manis
Salah satu rempah-rempah ini dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kayu manis juga disinyalir dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Gunakan kayu manis sebagai penyedap citarasa hidangan, seperti oatmeal atau cokelat panas.

Kentang
Kentang merupakan makanan rendah sodium yang dapat membantu Anda menurunkan hipertensi. Selain itu, kentang juga kaya akan serat dan bebas lemak. Nikmati kentang dengan cara dipanggang atau direbus dan tambahkan sedikit bawang putih sebagai pengganti garam.

Ikan segar
Salmon segar adalah pilihan tepat untuk hidangan penurun darah tinggi. Pasalnya, ikan tersebut kaya akan protein dan vitamin D yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Olah ikan salmon tanpa menggunakan garam. Sebagai gantinya tambahkan sedikit minyak zaitun dan lada hitam.

Oatmeal
Makanan yang satu ini cocok dihidangkan untuk sarapan. Oatmeal adalah makanan tinggi serat yang dapat membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol dan menyehatkan pencernaan.

Bayam
Sayuran hijau ini terkenal sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi. Selain itu, bayam juga mengandung kalsium, zat besi dan vitamin A dan C.

 

Sudah cek daftar makanan penurun darah tinggi ini? Makanan-makanan ini baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi dan bermanfaat sebagai sumber vitamin dan nutrisi bagi tubuh Anda.

 

 

Source:
everydayhealth.com/hypertension-pictures/lose-the-salt-not-the-flavor.aspx#01
webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/high-blood-pressure-diet


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *