Cegah Penyakit Jantung dengan Cardio

13 October 2015

Jantung adalah salah satu organ vital bagi metabolisme tubuh manusia. Proses aliran darah dari dan menuju jantung harus berjalan optimal agar kinerja organ tubuh lainnya bisa berlangsung dengan baik. Fungsi vital ini membuat Anda harus menjaga kesehatan jantung secara disiplin. Karena cara mencegah penyakit jantung tentu jauh lebih murah dan sehat bila dibandingkan dengan mengobatinya.

 

Salah satu cara mencegah penyakit jantung  adalah dengan melakukan latihan cardio. Secara praktis, cardio adalah aktivitas olahraga yang membantu meningkatkan jumlah denyut jantung sesuai dengan target denyut jantung sehat. Melakukan cardio akan melatih jantung untuk bekerja secara maksimal memompa darah ke seluruh organ tubuh dan mencegah timbulnya tumpukan plak pada pembuluh darah. Dengan demikian, cardio tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.

 

Melakukan aktivitas cardio secara teratur juga bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Paru-paru akan lebih aktif bekerja untuk mengatur pernapasan selama latihan cardio berlangsung. Bahkan, cardio juga mampu membakar kelebihan kalori yang terdapat dalam tubuh Anda. Hasilnya, jantung sehat Anda akan didukung dengan bentuk tubuh yang lebih ideal.

 

Banyak aktivitas cardio yang bisa Anda pilih sebagai rutinitas, mulai dari lari pagi, bersepeda, hiking, hingga berlari di atas treadmill. Selanjutnya, Anda tinggal memilih aktivitas cardio yang paling Anda sukai dan bisa disesuaikan dengan kegiatan lain Anda. Ajaklah sahabat Anda untuk melakukan cardio bersama-sama. Hiduplah lebih sehat dan ajak orang-orang yang Anda cintai untuk mengenal cara mencegah penyakit jantung sejak dini.

 

 

Sources :
exercise.about.com/od/cardioworkouts/a/cardio_exercise.htm
exercise.about.com/cs/cardioworkouts/a/cardio101.htm
everydayhealth.com/heart-health/cardio-exercise-routine.aspx
Diakses pada : 16 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *