Cari Tahu Tentang Diabetes Melitus dan Cara Mencegahnya

16 April 2015

Diabetes melitus merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah hingga melebihi batas normal (kadar gula darah puasa > 126 mg/dL). Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes melitus ini berkaitan dengan gangguan produksi atau kerja hormon insulin. Padahal, hormon ini berperan penting dalam pengaturan kadar glukosa darah dengan cara membantu penyaluran glukosa ke sel-sel tubuh. Gejala awal diabetes melitus umumnya adalah frekuensi buang air kecil yang cukup sering, kerap kali merasa haus, dan penurunan berat badan secara drastis.

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk mencegah suatu penyakit. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah diabetes:

  • Pilih karbohidrat kompleks

Langkah awal untuk mencegah diabetes adalah cermat memilih karbohidrat. Pilihlah karbohidrat kompleks yang memiliki nilai GI rendah dan dapat dicerna secara perlahan oleh tubuh. Anda bisa memperolehnya dari serelia atau bijian utuh, polong-polongan, buah-buahan dan sayuran.

 

1. Jaga berat badan dalam batas normal

Berat badan berlebih berkaitan erat dengan insiden diabetes, dimana risiko diabetes pada mereka yang memiliki berat badan berlebih bisa mencapai 7 kali lipat lebih tinggi. Untuk itu, jaga berat badan Anda dengan pola makan yang sehat dan seimbang serta rutin berolahraga.

2. Rutin berolahraga

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan rutin berolahraga, salah satunya adalah menjaga fungsi dan kerja hormon insulin agar tetap baik. Mulailah dengan gerakan sederhana seperti berjalan cepat setiap harinya selama 30 menit.

3. Batasi konsumsi gula

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang merupakan faktor risiko diabetes. Bagi Anda yang menyukai rasa manis, gunakan pemanis rendah kalori untuk rasa manis yang lebih sehat.

4. Rutin cek kadar gula darah

Dengan rutin mengecek kadar gula darah, Anda dapat mengetahui seberapa besar pengaruh pola hidup sehat yang Anda jalankan. Dengan begitu, Anda akan memiliki target untuk menurunkan kadar gula darah Anda menuju batas normal.

 

Cara mencegah diabetes melitus dapat diawali dengan pola hidup sehat. Lakukan sekarang sebelum terlambat.

 

Source:

tropicanaslim.com/mari-hindari-komplikasi-diabetes

kidshealth.org/parent/diabetes_center/words_know/diabetes_mellitus.html

medterms.com/script/main/art.asp?articlekey=2974

hsph.harvard.edu/nutritionsource/preventing-diabetes-full-story/

Diakses pada 25 August 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *