Cara Sederhana Menurunkan Kolesterol

29 July 2015

Kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami sekarang ini. Padahal, kadar kolesterol tinggi berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Mengapa demikian? Tingginya kadar kolesterol di dalam darah berkaitan dengan pembentukan plak pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jantung. Apabila tidak diatasi, hal ini dapat berujung pada terjadinya serangan jantung. Untungnya, menurunkan kolesterol  dapat dilakukan dengan mengikuti pola hidup sehat. Simak tips cara menurunkan kolesterol di bawah ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda!

 

Pertama, turunkan atau jaga berat badan pada batas normal karena berat badan berlebih erat kaitannya dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Saat menurunkan berat badan, mulailah secara bertahap agar penurunan berat badan dapat dipertahankan untuk waktu lama. Tak perlu khawatir, hasil positif untuk menurunkan kolesterol sudah akan terlihat jika Anda berhasil menurunkan berat badan sebesar 5-10% dari berat awal.

 

Ubah juga pola makan dengan memilih makanan yang lebih sehat namun kaya nutrisi. Mengikuti pola makan sehat merupakan cara menurunkan kolesterol yang sangat penting. Batasi asupan makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh seperti jeroan, gorengan, daging merah, atau udang. Pilihlah sumber lemak yang lebih sehat seperti ikan salmon, kacang almond dan walnut, atau minyak zaitun dan minyak jagung yang kaya akan lemak tidak jenuh. Tingkatkan juga konsumsi serat harian Anda dengan memilih buah, sayur, serta bijian utuh seperti oat dan beras merah.

 

Selain itu, tips yang tak kalah penting untuk menurunkan kolesterol adalah rutin berolahraga. Pastikan Anda berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya. Agar terasa lebih menyenangkan, Anda dapat memilih jenis aktivitas fisik yang Anda sukai mulai dari berenang, jogging, bersepeda, hingga senam aerobik.

 

 

Source:
healthdirect.gov.au/howtolowercholesterol
nhs.uk/Livewell/Healthyhearts/Pages/Cholesterol.aspx
mayoclinic.org/diseasesconditions/highbloodcholesterol/indepth/reducecholesterol/art20045935
Diakses pada 4 Mei 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *