Cara Mengatasi Kolesterol dengan Cepat

24 November 2015

Kolesterol merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang. Penyakit satu ini selalu mengintai kesempatan untuk menurunkan kualitas kesehatan Anda secara diam-diam. Maka dari itulah kondisi kolesterol harus dideteksi dan diatasi sedini mungkin.

 

Namun, bagaimana jika tingkat kolesterol Anda sudah telanjur tinggi? Adakah cara mengatasi kolesterol dengan cepat?

 

Mulailah dengan menentukan target untuk menurunkan kolesterol

Tetapkan target yang harus dicapai agar Anda terpacu untuk menurunkan kolesterol secara cepat. Bila Anda belum memiliki gangguan kesehatan jantung, kadar kolesterol total Anda harus berada di bawah 5 mmol/I dengan kadar LDL (kolesterol jahat) lebih rendah dari 3 mmol/I. Rajinlah melakukan pengecekan kadar kolesterol Anda secara berkala. Total kolesterol harus dijaga dibawah 200 mg/dL, HDL harus diatas 40 mg/dL, dan LDL (kolesterol jahat) harus dibawah 100 mg/dL.

 

Ayo lakukan aktivitas fisik sebagai cara mengatasi kolesterol

Tidak hanya membantu menurunkan jumlah LDL, aktivitas fisik secara teratur juga bisa meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. Mulailah dengan aktivitas fisik yang ringan seperti lari pagi, bersepeda, atau bermain badminton. Selanjutnya, intensitas aktivitas fisik tersebut bisa Anda tingkatkan sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki.

 

Atasi kolesterol dengan konsumsi makanan kaya serat

Konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, oatmeal, dan kacang-kacangan dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dan meminimalkan risiko gangguan jantung. Sambil rajin mengonsumsi makanan kaya  serat, batasi pula konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging yang berlemak, jeroan, makanan instan, serta jenis makanan olahan cepat saji lainnya.

 

Minum teh menjadi salah satu cara untuk mengatasi kolesterol

Sebuah penelitian kesehatan yang dipublikasikan pada tahun 2011 dan 2013 menyatakan bahwa konsumsi teh hijau dan teh hitam secara teratur terbukti mampu membantu menurunkan kadar kolesterol hingga ke tingkat yang lebih stabil. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman manis dan mulailah beralih ke teh dan air putih yang lebih sehat.

 

Cara mengatasi kolesterol dengan menghindari jenis lemak jahat 

Bila Anda sudah berencana untuk mengatasi kolesterol, maka Anda harus menjauhi beberapa jenis lemak tertentu. Seperti yang kita ketahui, tidak semua lemak itu buruk untuk tubuh kita. Tubuh manusia tetap membutuhkan asupan lemak. Akan tetapi, jika Anda ingin menghindari peningkatan kolesterol dalam darah, maka Anda harus menjauhi jenis lemak jahat berikut ini:

 

Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol yang berkaitan dengan risiko penyakit jantung. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi adalah mentega, daging merah, minyak sawit, minyak kelapa, dan keju.

 

Lemak Trans

Jenis lemak yang satu ini juga sangat wajib dihindari bila Anda sedang mencari cara tepat untuk menurunkan kolesterol. Makanan yang mengandung lemak trans bisa meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan mengurangi kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah Anda. Beberapa contoh makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi di antaranya adalah makanan yang digoreng dan makanan cepat saji (ayam goreng, kentang goreng, burger, dll). Beberapa jenis snack kering (crackers, biskuit, kue kering, dll) juga dapat mengandung lemak trans bergantung pada bahan baku dan proses pembuatannya.

 

Selain itu, Anda juga dapat menghindari sejumlah makanan yang diklaim mengandung kolesterol tinggi, misalnya jeroan dan hati. Apabila Anda ingin memenuhi asupan lemak yang dibutuhkan tubuh, Anda bisa memperolehnya dari makanan yang mengandung lemak baik misalnya asam lemak omega-3. Nah, sejumlah makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 di antaranya adalah ikan salmon, sarden, dan flaxseed. Namun, pastikan Anda mengonsumsi ikan-ikan yang segar dan diolah sendiri, bukan ikan yang diawetkan atau ikan kalengan, ya.

 

Snacking dengan yang sehat 

Apakah Anda termasuk orang yang hobi snacking? Jika ya, cobalah ganti camilan yang biasa Anda konsumsi seperti potato chips atau kentang goreng dengan makanan yang lebih sehat seperti kacang almond, walnut, atau pistachio. Sebuah analisis yang diterbitkan pada Mei 2010 oleh JAMA Internal Medicine menemukan fakta bahwa konsumsi kacang-kacangan sebanyak 67 gram sehari dapat membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol total mengalami penurunan hingga 5 persen, sedangkan kolesterol LDL mengalami penurunan sampai dengan 7 persen. Ngemil dengan segenggam kacang-kacangan setiap hari, tanpa berlebihan, akan membawa dampak yang baik untuk usaha Anda dalam menurunkan kolesterol.

 

Isi waktu makan siang dengan bergerak 

Cara mengatasi kolesterol bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana yang Anda lakukan sehari-hari. Intinya, bukan hanya apa yang Anda makan saja, tetapi juga apa yang Anda lakukan. Orang yang malas bergerak atau cenderung melakukan pekerjaan yang mengharuskan ia duduk sepanjang hari lebih berisiko terkena kolesterol.

 

Semakin banyak Anda bergerak maka semakin cepat kolesterol diturunkan. Di samping itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Tak sempat berolahraga di rumah atau di pusat kebugaran? Mudah saja, cobalah luangkan waktu 15-20 menit dari waktu makan siang untuk berjalan kaki. Anda bisa menaikkan durasi berjalan ini secara bertahap hingga mencapai 60 menit. Tidak harus berjalan pada saat makan siang, Anda bisa menyiasati hal ini dengan berjalan kaki ke kantor, memilih untuk naik tangga dibanding naik lift, atau bangun lebih pagi untuk jalan sehat setelah bangun tidur.

 

Hindari makanan yang menyebabkan kolesterol 

Sangat penting untuk menghindari sejumlah makanan yang menjadi faktor peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain menghindari sejumlah makanan yang mengandung lemak “jahat” seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga harus membatasi minuman beralkohol. 

Selain itu, jika Anda ingin menurunkan kolesterol, maka Anda juga harus menghindari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tinggi asupan gulanya ternyata memiliki kadar trigliserida yang lebih tinggi dan kadar kolesterol baik yang lebih rendah.

 

Makan lebih banyak tumbuhan yang mengandung protein

Tahukah Anda jika protein nabati yang berasal dari tumbuhan terbukti efektif untuk menurunkan kolesterol? Anda dapat memperoleh sumber protein nabati dari beragam makanan seperti kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi untuk membantu proses penurunan kolesterol di antaranya adalah kacang merah, kacang pinto, dan kacang kedelai (termasuk produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai). Di samping itu, perlu diingat juga bahwa ketika Anda sedang berupaya menurunkan kadar kolesterol, sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi makanan hewani, seperti daging merah, untuk membatasi jumlah asupan kolesterol jahat yang umumnya terkandung dalam bahan makanan tersebut.

 

Terlepas dari sejumlah cara efektif di atas untuk mengatasi kolesterol, ada pula beberapa jenis obat-obatan yang dapat menurunkan kolesterol secara cepat. Akan tetapi, tentu saja cara mengatasi kolesterol secara alamilah yang lebih sehat. Nah, sudah siap untuk mengambil langkah-langkah di atas untuk menurunkan kolesterol? Ingat, kolesterol adalah silent killer dan penyebab utama penyakit kardiovaskular, jadi lebih baik Anda menjaga kadar kolesterol mulai dari sekarang sebelum terlambat.

 

 

Dengan menjalankan keempat tips di atas, cara mengatasi kolesterol  dengan cepat bukan hanya sekadar mitos bagi Anda. So, siapkan hidup yang sehat dan teratur sebelum kadar kolesterol yang tinggi mengincar kesehatan Anda!

 

Sources:

webmd.com/cholesterol-management/features/11-tips-to-cut-your-cholesterol-fast

webmd.boots.com/cholesterol-management/guide/tips-cut-cholesterol

Diakses pada 17 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *