Cara Mencegah Diabetes dengan Serat Makanan

18 May 2015

Makanan berserat tidak hanya membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Akan tetapi, makanan berserat juga dapat membantu Anda mencegah diabetes. Makanan yang tinggi serat dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Nurses’ Health Study di Harvard University mengatakan bahwa wanita dengan pola makan tinggi gula dan rendah serat memiliki resiko diabetes 2.5 kali lebih tinggi dibanding wanita yang banyak mengonsumsi makanan berserat dan rendah gula.

 

Cara mencegah diabetes dengan makanan berserat cukup mudah. Pasalnya, makanan-makanan yang tinggi serat tersebut dapat dijumpai sehari-hari. Berikut adalah daftar makanan berserat yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah diabetes:

1. Oatmeal
2. Roti gandum dan sereal rendah kalori
3. Buah-buahan dan sayuran
4. Beras merah, ubi
5. Biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kacang merah, dan almond

 

Selain mengenal beberapa makanan berserat yang sehat, ada tips pola makan tinggi serat bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan berserat untuk mencegah diabetes. Berikut adalah tipsnya:

1. Cara mencegah diabetes dengan makanan berserat adalah memenuhi asupan serat minimal 25 gram per hari.
2. Konsumsi serat secara bertahap, yakni dengan menambahkan 3-5 gram serat dalam porsi makan Anda sehari-hari. Tujuannya adalah untuk menghindari perut kembung.
3. Konsumsi air minum sebanyak 8 gelas sehari untuk mengoptimalkan kinerja serat dalam tubuh.

Memperbanyak konsumsi serat setiap hari dapat menjadi cara mencegah diabetes yang lebih efektif dibanding konsumsi obat-obatan. Namun, pola makan tinggi serat ini juga harus didukung dengan gaya hidup yang sehat.

 

Source:

tropicanaslim.com/cegah-dan-atasi-diabetes-dengan-serat-makanan
everydayhealth.com/type-2-diabetes/control-high-blood-sugar-with-fiber.aspx
webmd.com/diet/features/beans-protein-rich-superfoods
Diakses pada 11 Oktober 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *