Buat Daftar Belanja Rendah Garam, Yuk!

20 October 2015

Salah satu faktor yang sering menjadi pemicu utama kenaikan tekanan darah adalah konsumsi makanan yang kurang sehat dan tinggi kandungan garam (sodium). Tentu saja dengan memilih makanan sehat dan rendah sodium maka penderita hipertensi akan dapat meminimalkan risiko kenaikan tekanan darah.

 

Lantas, apakah bahan makanan yang sehat dan rendah garam sulit ditemui? Big NO! Ternyata, banyak loh referensi resep diet  yang dapat ditemukan di sekitar Anda. Tidak hanya sehat bagi tubuh, tetapi juga lezat disantap. So, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan daftar makanan “rendah garam” yang bergizi dan baik untuk kesehatan Anda.

 

Bahan makanan apa sajakah yang patut dimasukkan ke dalam daftar bahan makanan?

 

Sumber karbohidrat

Terdapat banyak sekali sumber karbohidrat di sekitar kita. Sumber karbohidrat dapat berasal dari beras atau pasta, sereal, maupun umbi-umbian. Namun, tidak semua jenis karbohidrat memiliki kualitas yang sama bagi kesehatan.

 

1. Beberapa jenis sumber karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi adalah yang memiliki kandungan sodium rendah. Bahan makanan seperti roti atau popcorn asin, pada pembuatannya banyak ditambahkan garam dan oleh karena itu harus dihindari.

2. Selain itu, pilihlah sumber karbohidrat tinggi serat seperti beras merah, pasta, oatmeal, dibanding dengan beras putih, atau kentang rebus. Kandungan serat akan dapat membantu mengikat lemak jahat pada peredaran darah, melancarkan pencernaan, serta membuat kenyang lebih lama.

 

Buah dan sayur

Buah dan sayur adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk metabolisme tubuh.

 

1. Jenis buah dan sayur yang baik adalah yang masih segar, maupun dibekukan selama tidak mengalami proses penambahan sodium maupun gula berlebih. Oleh karena itu, dalam memilih buah dan sayur yang akan anda konsumsi, sangat penting untuk melihat tingkat kesegaran maupun label pangan.

2. Selain itu, pilihlah jenis buah dan sayur tinggi kalium dan serat sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah, seperti sayuran hijau (bayam, kale, buncis, asparagus), alpukat, pisang, jambu biji, kiwi, dan delima.

 

Asupan protein

Sumber protein dapat berasal dari daging, kacang-kacangan, telur, serta susu dan produknya. Tips bagi penderita hipertensi adalah memilih daging segar dibandingkan daging hasil proses karena pada umumnya mengandung garam lebih banyak.

 

1. Pilihlah protein hewani yang aman dikonsumsi seperti ikan, ayam tanpa kulit, serta berbagai jenis daging tanpa lemak

2. Untuk produk kacang-kacangan, pilihlah kacang alami, tempe dan tahu, serta kacang yang telah diproses asalkan dengan label “tanpa garam”.

3. Susu dan produknya juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, terutama yang memiliki kandungan rendah/bebas lemak. Untuk produk seperti keju, pastikan Anda mengecek label karena dapat mengandung sodium tinggi.

 

 

Bumbu dan rempah

Aneka bumbu dan rempah akan menjadi penyedap alami bagi resep diet Anda. Gunakan berbagai rempah seperti jahe, bawang putih, air perasan lemon, cuka, dan aneka rempah daun untuk melezatkan masakan. Pilihan bumbu dan rempah tersebut akan lebih baik dibandingkan dengan margarine ataupun mayonnaise karena pada umumnya terdapat penambahan garam maupun lemak trans yang tidak baik bagi tubuh.

 

Membatasi konsumsi garam untuk penderita hipertensi bukan berarti membatasi hak Anda untuk menyantap makanan yang lezat. Siasati resep diet dengan cermat agar Anda tetap bisa menyantap beragam makanan lezat yang menggugah selera.

 

 

Sources:

healthfinder.gov/HealthTopics/Category/health-conditions-and-diseases/heart-health/low-sodium-foods-shopping-list

webmd.com/cholesterol-management/heart-healthy-kitchen

Diakses pada : 19 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *