Buah Noni: Herbal untuk Diabetes Melitus

7 March 2016

Buah noni merupakan nama lain dari mengkudu. Buah yang memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia ini dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Masyarakat Polinesia percaya bahwa noni dapat menajdi obat beberapa penyakit, salah satunya diabetes melitus . Meskipun hingga saat ini efektivitas penggunaan buah noni dalam pengobatan masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah.  

 

Penelitian yang dipublikasikan di Nigerian Quarterly Hospital Medicine  menunjukkan potensi buah noni dalam mengontrol gula darah pada pasien diabetes. Disinyalir kandungan zat yaitu triterpenes dan saponin dalam buah noni berperan dalam mencegah kenaikan gula darah.

Kontrol gula darah yang baik memang sangat penting bagi pasien diabetes. Gula darah yang tinggi atau kondisi hiperglikemia dapat meningkatkan risiko komplikasi diantaranya:

 

Katarak

Penyakit mata katarak sering dialami oleh penderita diabetes. Hal tersebut diakibatkan karena kadar gula darah tinggi yang dapat merusak lensa mata. Namun, ekstrak buah noni dapat membantu menjaga kesehatan lensa mata.

 

Kerusakan Fungsi Hati

Pasien diabetes juga kerap mengalami komplikasi pada fungsi hati dikarenakan lemak yang menumpuk pada hati. Jus buah noni dapat mengurangi degenerasi lemak yang terdapat pada sel-sel hati.

 

Dilihat dari ulasan ilmiahnya memang pemanfaatan buah noni dalam pengobatan diabetes ini memiliki potensi yang besar namun masih membutuhkan studi lebih lanjut, terlebih lagi dengan efek samping yang mungkin saja dapat terjadi.

Maka dari itu mengobati diabetes dengan cara menjaga gula darah dapat dilakukan dengan cara yang lebih sehat dengan menjaga pola hidup sehat seperti konsumsi nasi merah daripada nasi putih, mengurangi konsumsi gula pasir, memperbanyak konsumsi sayur dan buah dan rajin melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari.

 

 

 

Source:

drugs.com/npc/noni.html

webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-758-noni.aspx?activeingredientid=758&activeingredientname=noni

Nigerian Quarterly Journal of Hospital Medicine. 2008 http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19062482

Diakses pada 19 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *